Kalau Anda sudah yakin untuk berjualan online, tentunya jangan setengah-setengah ketika mempromosikannya. Jangan hanya menggunakan akun Facebook atau Instagram pribadi untuk mempromosikan produk Anda. Ini yang kerap salah dilakukan banyak pegadang online pemula. Yang ada malah teman menjadi risih karena Anda terlalu sering mempromosikan produk.

Untuk itu mengapa perlu belajar dasar-dasar online marketing. Tujuannya agar Anda tahu media dan langkah apa saja yang bisa digunakan untuk pemasaran online.

Online marketing itu bukan sekadar Facebook atau Instagram. Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk Anda. Melalui artikel ini Blog Bukupedia ingin memberikan beberapa dasar-dasarnya.

Buat akun media sosial dengan nama brand Anda

Jangan gunakan akun media sosial sebagai media utama untuk mempromosikan produk Anda, tetapi buatlah akun media sosial dengan nama brand Anda. Boleh saja membagikan ke akun pribadi, tetapi satu dua kali saja untuk memberitahukan ke teman kalau Anda punya produk tersebut. Selebihnya fokus di akun bisnis Anda.

Jangan lupa untuk update secara konsisten. Anda harus rutin membagikan foto produk atau jasa Anda, tetapi jangan terlalu sering juga. Selingi dengan konten lain di luar produk. Misalnya quote atau promo atau bisa juga event yang akan dilakukan. Sehingga para followers nantinya tidak jenuh.

Buat website dengan domain sendiri

Meskipun sudah banyak platform marketplace yang bisa digunakan untuk berjualan, Anda perlu juga untuk membuat website dengan domain sendiri atau domain brand produk Anda. Anda bisa membuatnya dengan konsep toko online, atau profil usaha.

Jangan lupa untuk tetap mengoptimalkan website Anda ini. Agar bisa bagus di mesin pencari. Maka Anda perlu mempelajari Search Engine Optimization. Memiliki website juga dapat meningkatkan kredibilitas produk Anda.

Baca juga : Buat Apa Punya Website Tapi Tidak Dioptimasi

Manfaatkan email marketing

Biasanya kalau sudah punya website sendiri, maka email marketing perlu dimanfaatkan. Email marketing ini adalah mengumpulkan data email pelanggan atau pengunjung website yang mana pemilik email memang ingin mendapatkan langganan email terkait informasi produk Anda.

Nah nantinya Anda bisa mengirim email secara otomatis mengenai produk, promo atau event-event.

Untuk membangun list atau database email ini bisa melalui form newsletter yang ditaruh di website.

Coba dengan iklan berbayar

Meskipun berjualan melalui media sosial dan juga website hasilnya sudah bagus, tetapi Anda harus mencoba iklan berbayar. Dengan iklan berbayar Anda bisa lebih mudah dalam menargetkan calon pembeli Anda. Gunakan saja layanan seperti Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads.

Baca juga : Bisnis Online Sukses Dengan Facebook Ads

Anda bisa beriklan ketika ingin promo diskon atau lainnya. Beriklan seperti ini akan meningkatkan jangkauan pemasaran online Anda tapi juga akan meningkatkan penjualan.

Dasar-dasar online marketing di atas perlu Anda coba semua. Pelajari satu-satu dulu, jika sudah mahir bisa tingkatkan ke level yang lebih tinggi.