Tidak jarang kita kesulitan untuk menyisihkan uang per bulan yang digunakan khusus untuk membeli buku. Tapi dengan adanya Bukupedia Content Writer, kini Kamu bisa rutin membeli buku setiap bulan hanya dengan menulis artikel. Tentunya, jika artikel yang Kamu tulis telah melewati proses review dari tim editor Bukupedia.

Menulis artikel yang menarik tidaklah mudah. Jadi sayang sekali jika artikel yang sudah Kamu tulis semaksimal mungkin ternyata ditolak karena ada hal yang tidak sesuai dengan ketentuan penulisan artikel di Bukupedia. Berikut ini adalah panduan penulisan artikel untuk Kamu yang telah menjadi Bukupedia Content Writer.

Ketentuan Umum

  • Panjang artikel minimum 300 kata.
  • Panjang judul artikel maksimal 72 karakter (Sebagai contoh, judul artikel ini adalah 72 karakter).
  • Gaya bahasa boleh formal maupun informal asalkan mengikuti tata cara penulisan yang baik.
  • Gambar dan isi artikel tidak boleh mengandung unsur pornografi, SARA, dan kebencian.
  • Artikel merupakan hasil karya sendiri, bukan menjiplak atau mengedit tulisan karya orang lain.
  • Artikel belum pernah diterbitkan di blog atau website lain.

Kategori Artikel

Kategori artikel yang dapat Kamu tuliskan saat ini adalah sebagai berikut:

  • Tips & Trik
  • Gaya Hidup (Fashion, Inspirasi & Motivasi, Karier, Kesehatan, Parenting, Wisata)
  • Hobi (Do it Yourself, Fotografi)
  • Ilmu Pengetahuan (Bisnis & Manajemen, Pendidikan, Teknologi)
  • Resensi Buku

Satu artikel bisa termasuk ke dalam beberapa kategori selama isinya berhubungan. Jika ingin lebih spesifik, berikan ‘tag’ yang sesuai di artikel Mu.

Penggunaan Gambar

Upload featured image dengan ukuran minimal 825px x 315px dan file size tidak lebih dari 200kb. Gambar banner ini akan tampil pada bagian atas artikel Mu. Sertakan sumber banner pada bagian akhir artikel dengan menuliskan – Banner: namadomainsumber.com (tanpa www) jika gambar diambil dari website lain atau – Banner : dokumentasi pribadi / ilustrasi pribadi jika gambar adalah hasil karya Kamu sendiri.

Tips : Kamu bisa gunakan online tools seperti imageresize.org atau compressjpeg.com untuk resize, crop, atau compres file gambarmu.

contoh upload featured banner BCW

Sumber: bukupedia.com

Selain banner utama, Kamu juga perlu untuk melengkapi artikel Mu dengan minimal 1 gambar pendukung. Jika gambar tersebut diambil dari website lain atau media sosial, cantumkan juga credit/sumber gambar pada bagian ‘Keterangan’ gambar. Pastikan gambar yang tampil tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar sehingga pengunjung bisa membaca artikel Mu dengan nyaman.

info keterangan sumber gambar

Sumber: Dokumentasi pribadi

Penggunaan Link

Apapun topik artikel yang Kamu tulis, pastikan untuk menyertakan minimal 1 link yang mengarah ke website Bukupedia.com seperti halaman salah satu buku lokal atau kategori buku lokal yang memiliki konteks yang sama dengan isi artikel Mu.

contoh link ke kategori buku bukupedia

contoh link ke kategori buku bukupedia

 

Selain itu, jika Kamu melihat artikel lain di blog Bukupedia yang sesuai dengan konten artikel Mu, Kamu bisa memberikan link ke artikel tersebut (boleh artikel Kamu sendiri ataupun artikel dari penulis lain).

contoh link ke halaman artikel lain

contoh link ke halaman artikel lain

Sebagai tambahan, Kamu tetap dapat memberikan link ke website lain selama konten di website tersebut relevan dengan konten artikel yang sedang kamu tulis dan bersifat sebagai sumber informasi. Hindari penggunaan link secara berlebihan dalam satu artikel. Bisa jadi artikel Mu malah tidak diterima loh.

Demikian panduan penulisan artikel di blog Bukupedia untuk Bukupedia Content Writer. Semakin banyak yang menulis, semakin banyak juga yang bisa membaca buku dan artikel yang menarik. Semoga masyarakat Indonesia semakin tinggi minat membacanya. Setuju? Yuk undang teman-temanMu menjadi Bukupedia Content Writer. Selamat berkarya!

Banner : pexels.com