Semakin hari, tentu saja perangkat-perangkat teknologi semakin berkembang juga. Baik dari kecanggihannya, maupun modelnya. Semakin lama, teknologi-teknologi menelurkan beragam perangkat yang sangat memukau.

Namun apakah Anda sering mengingat, bagaimana teknologi-teknologi yang ada di masa lalu? Jangan dilupakan begitu saja, karena tentunya benda-benda tersebut juga pernah membantu manusia pada zamannya. Apa saja sih perangkat atau teknologi jadul yang wajib kamu kenang saat ini?

Kaset tape

Kaset Tape

Apakah Anda pernah merekam lagu-lagu yang sedang populer di radio dengan menggunakan kaset pita alias mixtape? Bagi Anda yang mengalami hal ini, tentu Anda tidak asing dengan teknologi yang satu ini. Kaset tape atau pita ini pertama kali diperkenalkan oleh Philips di Eropa pada tahun 1963. Setelah itu, kaset tape ini diproduksi secara massal pada tahun 1964 di Jerman. Setelah itu baru lah meluas ke Eropa dan negara-negara lain. Apabila Anda ingin melihat teknologi ini, Anda bisa menemukannya di kolektor-kolektor yang ada di Indonesia.

Disket (Floppy Disk)

disket

Wah, siapa yang pernah menyimpan file pada flashdisk? Mungkin hanya bisa membuat file sangat kecil jika dibandingkan dengan flashdisk dan harddisk yang ada saat ini. Menariknya, perangkat yang satu ini pernah terjual lebih dari lima miliar tiap tahun di seluruh dunia, lho! Puncaknya pada era pertengahan tahun 1990 dulu, sehingga disket memang sangat populer pada era tersebut.

Pager

Pager

© beeper

Jauh sebelum smartphone muncul, manusia bisa berkomunikasi melalui pager yang memiliki fungsi serupa. Di Indonesia, pager dikenal sebagai radio panggil. Apabila di barat, teknologi komunikasi yang satu ini banyak diletakkan di saku. Perangkat ini dapat menampilkan dan menerima pesan numerik maupun alfanumerik, baik berupa tanda baca, huruf, angka, maupun simbol matematika. Tak hanya itu saja, pager juga bisa mengeluarkan suara melalui jaringan radio.

Vinyl

gramophone

Nah, yang satu ini sempat tren kembali beberapa waktu lalu. Banyak orang yang kembali mengoleksi vinyl. Jauh sebelum era CD dan kaset tape, penikmat musik menggunakan vinyl atau piringan hitam untuk menyetel musik. Piringan hitam merupakan teknologi mutakhir penyimpan suara yang sudah ada ada sejak kurang lebih seratus tahun lalu di Eropa.

Itu tadi beberapa teknologi jadul yang hampir punah, namun tetap harus dilestarikan hingga saat ini. Beberapa barang tersebut memang masih ada yang diproduksi (walau jumlahnya minim), namun ada juga yang sudah tidak diproduksi lagi. Apabila Anda ingin melihat benda-benda tersebut, Anda bisa mencarinya di kolektor.