Sekarang ini jaringan internet kita sudah sampai di level 4G LTE. Kalau kita coba flashback beberapa tahun yang lalu, jaringan internet kita masih sangat lambat. Sehingga wajar jika dulu masih sedikit orang yang mengakses internet. Lagi pula dulu juga belum ada smartphone seperti sekarang ini.

Nah, sekarang ini jaringan internet sudah memasuki level 5G. Di beberapa negara Amerika sudah ada yang menggunakannya. Kalau di Indonesia, ya harus bersabar dulu.

Tapi yang jadi pertanyaan tentunya mengapa jaringan 5G ini harus ada? Padahal kalau kita lihat jaringan 4G LTE yang sudah ada sekarang ini bisa dikatakan sudah cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan saat ini. Buat streaming sudah oke, download juga oke, upload juga oke.

Kalau bicara soal teknologi, berarti kita harus bicara tentang masa depan. Kita tidak bisa lagi bicara apa yang ada saat ini. Boleh bicara apa yang ada saat ini, tapi digunakan acuan untuk membuat perubahan di masa depan.

Kondisi telekomunikasi saat ini pun juga yang melatarbelakangi mengapa perlu hadir jaringan 5G. Ada beberapa aspek yang perlu dijadikan perhatian kita semua.

1. Jumlah pengguna internet

Sekarang ini, jumlah pengguna internet di dunia sudah milyaran pengguna. Ini diimbangi dengan meningkatnya pengguna ponsel pintar. Karena jumlah pengguna internet semakin naik, bahkan diprediksi tahun-tahun yang akan datang akan semakin naik, maka perlu semua teknologi yang bisa mengakomodir kebutuhan pengguna ini.

Nah, jaringan 5G hadir agar bisa menyediakan kapasitas yang lebih lebar.

Kita tahu bahwa saat ini memang yang menjadi kendala di jaringan 4G adalah kecepatan yang kurang stabil. Jika dibandingkan ketika jaringan 4G muncul di Indonesia, waktu itu kecepatannya memang sangat cepat. Karena pengguna 4G juga belum banyak. Tapi sekarang seiring jumlah pengguna yang semakin bertambah, membuat kualitas jaringan 4G dijadikan rebutan. Kualitasnya masih sama, hanya saja kuantitas kapasitas jaringannya yang semakin sempit.

Inilah mengapa perlu hadir 5G agar bisa memperlebar kebutuhan pengguna saat ini dan di masa yang akan datang.

2. Kualitas konten yang meningkat

Kita ambil contoh saja YouTube. Sekarang ini banyak orang yang streaming YouTube karena akses internet juga semakin cepat dan juga para creator yang bisa memiliki jaringan internet cepat untuk upload video.

Konten video memiliki beberapa kualitas. Kalau kita bisa lihat di YouTube, ada pilihan kualitas mulai dari 240p, 360p, 480p,720p, 1080p. Saat ini umumnya orang-orang menonton video dalam kualitas 720p dan 1080p. Untuk kualitas 1080p atau Full HD ini memang butuh jaringan internet yang stabil dan cepat.

Padahal sekarang ini kualitas video sudah ada yang 4K. Dan YouTube pun sudah mendukung 4K, banyak creator yang juga sudah mengunggah dalam format 4K.

Namun, konten video 4K ini memang perlu jaringan internet yang super cepat. Kalau mengandalkan jaringan 4G LTE rasanya masih ada kendala buffering. Padahal kedepannya kualitas video 4K akan semakin banyak. Maka dari itu, dengan hadir jaringan internet 5G ini akan membuat konten video 4K bisa dinikmati dengan mudah tanpa buffering.

Jadi seperti itulah mengapa jaringan 5G itu ada. Jaringan 5G muncul bukan sekadar ingin memunculkan tren baru, tetapi memang sudah menjadi kebutuhan pengguna internet saat ini dan yang akan datang. Bukan tidak mungkin ke depannya bakal muncul lagi 6G dan seterusnya.

Semoga informasi ini bisa memberikan edukasi untuk kita semua.