Bersyukurlah kita hidup di era internet seperti sekarang ini. Karena akan banyak fasilitas dan platform yang bisa kita gunakan untuk mendukung pekerjaan dan gaya hidup sehari-hari.

Sebagai seorang profesional, Anda juga perlu memaksimalkan media sosial yang ada. Jangan sekadar membuat akun media sosial hanya untuk main-main saja, tetapi gunakan untuk membangun kredibilitas diri Anda.

Karena dengan media sosial kita akan mudah dikenal orang dan ini merupakan media aktualisasi diri yang sangat efektif sekali. Jadi manfaatkan media sosial untuk kebutuhan profesional kita.

Ada banyak cara untuk memanfaatkan media sosial untuk kaum profesional, seperti :

1. Menjadi Portofolio dan CV bagi kita

Media sosial bisa dijadikan platform untuk memajang portofolio karya kita. Misalnya Anda suka fotografi, bisa menggunakan Instagram untuk memajang karya foto Anda. Dan ada media sosial yang cukup menarik untuk para profesional, yaitu LinkedIn.

Media sosial ini dapat digunakan sebagai CV (Curriculum Vitae) online Anda.

Dengan membuat media sosial yang rapi dan berisi konten yang bagus, ini dapat membuat citra diri Anda baik. Bahkan bisa membuat Anda mendapatkan proyek-proyek atau pekerjaan dari media sosial.

2. Membagikan informasi yang positif

Dengan adanya media sosial, kita dapat mudah berbagi konten atau informasi yang positif kepada orang lain. Ilmu dan pengalaman yang telah kita miliki sebagai seorang profesional bisa kita bagikan dengan mudah hanya berbekal media sosial.

Apalagi kontennya bagus, nanti bisa viral ke banyak orang. Dan ini akan membuat nama Anda bisa melambung dan semakin dikenal.

3. Menggunakan media komunikasi online yang profesional

Namun dalam membuat akun media sosial harus tetap profesional. Gunakan username yang sesuai dengan nama Anda, kalau membuat email ya gunakan username yang profesional.

Jangan lupa untuk memasang foto profil yang memperlihatkan sikap profesional Anda. Jangan pernah pakai foto yang ‘alay’ dan nama samaran yang tidak jelas.

4. Ikuti akun media sosial yang positif

Sekarang ini banyak akun-akun media sosial yang isinya ujaran kebencian dan konten negatif, sebaiknya jangan ikuti akun-akun seperti itu. Ikuti saja akun media sosial yang positif dan bisa memberikan dampak yang bermanfaat untuk Anda.

Akan lebih baik mengikuti yang sesuai dengan bidang Anda. Misalnya Anda adalah seorang HR, ikuti akun-akun yang membahas seputar dunia karier.

Media sosial bagi profesional itu sangat penting dan Anda harus tahu cara memanfaatkannya. Jangan sampai karier Anda berantakan karena tidak bisa mengelola akun media sosial dengan benar.