Banyak orang ketika ditanya ingin punya usaha sendiri atau tidak, jawabannya mayoritas iya. Jika ditanya alasannya, karena ingin punya duit yang banyak. Ya, menjadi pengusaha dan berbisnis memang dianggap profesi yang bakal mendatangkan banyak duit.

Tetapi tak sedikit juga yang merasa kalau menjadi wirausaha itu sulit. Akan banyak masalah yang bakal dihadapi, salah satunya adalah rugi. Faktanya yang ditanya ingin apakah ingin berbisnis lantas menjawab ingin, mereka takut jika rugi.

Padahal berbisnis atau berwirausaha itu akan banyak sekali masalahnya, bukan sekadar rugi saja. Apa saja itu masalahnya?

Modal dari mana

Ya, masalah yang paling banyak ditemui adalah soal modal. Banyak orang berwirausaha tetapi bingung masalah modal. Mereka beranggapan untuk memulai sebuah bisnis itu harus butuh modal yang banyak. Padahal tidak selama begitu. Kita pun bisa memulai usaha tanpa modal uang. Misalnya saja dengan membantu memasarkan produk teman, dan nanti kita ambil keuntungannya.

Tidak punya tempat

Masalah lain adalah bingung mencari tempat. Kalau mau sewa belum ada dana, lantas itu dijadikan alasan yang menghambat dalam memulai usaha.

Sebenarnya di era sekarang tidak perlu memiliki tempat. Kalau produk yang dijual bukan makanan yang perlu diolah dulu seperti jualan bakso, mie ayam, dan lain-lain, maka usaha bisa dilakukan secara online.

Atau di rumah pun sebenarnya bisa.

Takut rugi

Kalau sudah berani berwirausaha, maka harus berani rugi. Ya meskipun kita tidak ingin usaha jadi rugi, tetapi jika sewaktu-waktu memang harus dihadapkan dengan kerugian, ya harus mau menerimanya. Tidak perlu takut, karena itu adalah bagian dari risiki berwirausaha.

Yang perlu diperhatikan justru bagaimana agar ketika rugi bisa langsung bangkit.

Takut tidak laku

Belum dicoba tapi sudah takut tidak laku. Ini adalah salah satu contoh mental bobrok yang tidak boleh ada di benak pengusaha. Seorang pengusaha tidak boleh memiliki pemikiran seperti itu apalagi belum dicoba. Pengusaha harus berpikir positif, optimis dan percaya diri.

Kalau kita tidak percaya dengan produk sendiri lha bagaimana konsumen mau percaya dengan produk kita?

Ketakutan tidak laku ini harus dilawan dengan membuat produk yang menurut kita sudah berkualitas. Dan tentunya jangan berpuas diri. Harus terus ada inovasi.

Berwirausaha itu berat, jika kita hanya memikirkan masalah – masalah yang ada. Tetapi jika sudah dijalankan dan kita senang, berwirausaha itu menyenangkan. Kita akan memiliki kebebasan dan kepuasan batik tersendiri.