Akhir – akhir ini banyak bermunculan info di masyarakat tentang air alkali. Air yang memiliki kadar pH tinggi. Dan di masyarakat pun juga sudah banyak beredar berbagai macam merek produk air dengan pH tinggi ini. Tidak tanggung-tanggung, produsen pun menawarkan manfaat yang cukup banyak jika seseorang mengkonsumsi air ini secara rutin.

Mulai dari sakit ringan hingga berat bisa dicegah dan diatasi dengan air alkali ini. Apakah benar seperti itu?

Air itu memiliki kadar pH dan kadar pH ini bagi masyarakat digunakan untuk tolok ukur apakah air tersebut memiliki perubahan kimiawi atau ndak. Sebenarnya, air dengan pH yang terlalu tinggi juga tidak bagus untuk tubuh. Apalagi yang terlalu rendah.

Sedangkan air minum yang ada di masyarakat itu umumnya memiliki kadar pH antara 6 hingga 7. Dan air minum berkadar pH tinggi yang sekarang banyak bermunculan ini kadarnya diklaim antara 8 hingga 9.

Dari banyaknya manfaat yang katanya dapat positif bagi tubuh, kami ingin menyoroti manfaat yang mungkin bisa berdampak secara cepat bagi tubuh.

Menurunkan Asam Lambung

Bagi orang yang punya sakit maag atau sejenisnya yang berhubungan dengan asam lambung tinggi, meminum air dengan kadar pH tinggi dapat menurunkan kadar asam lambung. Air alkali dinilai dapat menetralkan asam lambung. Karena cara kerjanya yang mematikan enzim pepsin. Sehingga dengan konsumsi air alkasi ini dapat menurunkan asam lambung.

Namun hal ini belum ada penelitian yang spesifik.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Pernah ada penelitian yang mengatakan kalau air alkali memiliki kandungan kalsium dan bikarbonat tinggi. Sehingga keberadaannya dapat membuat tulang menjadi lebih kuat. Selain itu juga dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Air alkali dipercaya mampu membantu tubuh dalam menyerap nutrisi. Sehingga tubuh pun akan mendapatkan asupan nutrisi yang bagus berkat meminum air alkali ini.

Selain itu air alkali juga dipercaya dapat memperlambat tumbuhnya sel kanker. Hal ini dikarenakan mampu mengurangi kadar keasaman darah. Sel kanker sendiri sangat suka tumbuh di kondisi asam.

Buku rekomendasi :

Kalau dilihat memang manfaatnya banyak. Tetapi tentu ini perlu adanya penelitian lebih lanjut. Bukan tidak mungkin karena rutin mengkonsumsi air ber-pH tinggi malah berakibat buruk bagi tubuh. Jadi masyarakat dihimbau tetap untuk berhati-hati. Bukan tidak boleh mengkonsumsi, namun jangan terlalu berharap dengan air alkali.

Ingat, kesehatan tubuh Anda tidak serta merta ditentukan oleh air yang Anda minum. Lebih dari itu Anda juga butuh pola hidup yang sehat, seperti makan makanan yang bergizi kaya nutrisi, olahraga, dan menjaga pikiran agar tidak murah stress.