Sekarang sudah tidak asing lagi dengan adanya bisnis online. Banyak orang yang menjual produknya lewat online, begitu juga dengan pembeli yang tinggal pilih barang yang diinginkan hanya melalui perangkat selulernya. Ini semua berkat berkembangnya teknologi, sehingga mempengaruhi perilaku manusia khususnya dalam hal bisnis.

Meskipun sekarang sudah banyak yang terjun ke dalam dunia bisnis online, faktanya masih banyak juga orang atau pelaku usaha yang enggan untuk ikut mempromosikan barang/jasanya secara online.

Ada yang masih beranggapan belum perlu, ada juga yang dikarenakan kurangnya pemahaman mengenai bisnis online itu sendiri. Supaya Anda yang saat ini masih belum mengonlinekan bisnisnya, kami harap dengan memberikan informasi keuntungan berbisnis online ini bisa menjadikan pertimbangan untuk Anda tentang dunia bisnis online.

Silakan simak!

Berbisnis online itu menghemat waktu

Kami akan memberikan contoh manfaat yang bisa Anda dapatkan dari segi waktu. Katakanlah saat ini Anda punya produk jualan pakaian di sebuah kios pinggir jalan. Maka pasar Anda ya hanya terbatas di lingkup itu saja, mengandalkan orang yang lewat depan kios Anda. Atau jika nama toko Anda sudah besar, ya paling se-area kota Anda.

Jika ingin menawarkan ke kota lain tentu harus buka cabang, dan itu butuh modal besar.

Nah dengan berjualan online keuntungan yang bisa Anda dapatkan salah satunya adalah menghemat waktu. Anda jika ingin menawarkan produk Anda ke kota A, B, C atau bahkan luar negeri, tinggal optimasi saja platform yang Anda gunakan untuk jualan online tanpa harus berpindah tempat. Misalnya saja dengan memanfaatkan iklan seperti di Facebook atau Instagram. Ini lebih efektif.

Artikel terkait :

Segmen pasar jadi lebih luas

Kalau jualan offline, segmen pasarnya ya tidak jauh-jauh amat, seperti contoh di atas paling cuma area kota dan sekitarnya saja. Tapi dengan berbisnis online, Anda bisa memiliki segmen pasar yang lebih luas bahkan tidak terbatas. Tergantung Anda ingin memasarkannya ke siapa, itu justru jadi hak Anda.

Berbisnis online itu lebih fleksibel

Fleksibel dalam hal waktu. Misalnya saja Anda nanti punya bisnis online jualan baju, Anda bisa melakukannya dimana saja. Kalau pun malam ada orderan ya tinggal buka laptop kemudian proses. Bedanya jika bisnisnya masih offline, kalau malam ya pasti tutup.

Dan dengan online seperti ini bisnis Anda akan buka selama 24 jam. Anda tinggal mau proses kapan order yang masuk, itu yang bikin fleksibel.

Buku rekomendasi :

Lantas, apakah berbisnis online perlu kantor/toko fisik?

Sebenarnya ini tergantung dari kondisi bisnis Anda. Akan tetapi jika Anda ingin memulai berbisnis online, Anda tidak perlu dulu memikirkan toko fisik. Karena semuanya bisa dilakukan secara online dulu. Nanti apabila setelah berjalan dan melihat kebutuhan harus ada toko fisik, baru Anda membuatnya.

Keuntungan berbisnis online itu sangat banyak, dari segi penghasilan pun Anda juga akan mendapatkan yang lebih. Secara ini dampak dari luasnya segmen pasar Anda.