Masih banyak yang memiliki masalah seputar kualitas tidur. Tidur yang tidak nyenyak, terbangun di tengah malam, sulit untuk memulai tidur, dan lainnya kadang membuat seseorang menjadi stress dibuatnya. Tetapi kejadian-kejadian seperti itu juga banyak yang diakibatkan karena kebiasaan buruk diri sendiri.

Kali ini Blog Bukupedia sudah merangkum beberapa kebiasaan buruk yang seharusnya dihindari oleh banyak orang agar kualitas tidurnya bisa terjaga dan tentunya membuat tidur menjadi lebih nyenyak lagi.

Silakan simak!

Jangan makan sebelum tidur

Kalau sudah waktunya mau tidur, jangan makan. Usahakan makan minimal 3 jam jam sebelum tidur. Apalagi jika makannya kekenyangan, itu akan akan membuat kondisi tidur tidak nyaman. Dan dari sisi kesehatan tidak bagus, tidur setepas makan juga akan membuat lambung tidak bisa bekerja dengan baik. Ini akan memicu asam lambun yang naik ke kerongkongan.

Pastikan perutmu sudah terkondisikan sebelum benar-benar untuk tidur.

Jangan minum kopi menjelang tidur

Mau tidur lebih nyenyak tetapi kalau malam malah memperbanyak konsumsi kopi, jelas ini tidak baik. Kandungan kafein ini akan membuatmu sulit untuk tidur, kalau pun dipaksakan tentu juga tidak bisa. Alhasil kamu pun akan terus begadang sembari menunggu waktu kantuk tiba.

Selain kopi, juga kurangi minum soda, teh, sebelum tidur.

Jauhkan segala macam teknologi saat tidur

Kalau mau tidur, pastikan perangkat komputer, smartphone, TV sudah dimatikan. Biasanya yang sering dilakukan itu adalah mainan ponsel sebelum tidur. Ini sangat tidak baik, karena sinar biru yang ada di ponsel akan membua otak memicu mata untuk tetap terbuka. Dalam artinya sulit untuk tidur. Dan berlama-lama di depan layar ponsel, juga akan membuat kualitas tidur menjadi buruk. Hal ini akan kamu rasakan ketika bangun tidur, mata terlalu berat.

Jaga suhu kamar

Suhu kamar juga menentukan kualitas tidur kamu. Jika suhu kamar terlalu tinggi (di atas 20 derajat Celcius) ini juga akan membuat gerah. Alhasil tidur pun tidak nyaman. Kalau ada budget, kamu bisa pasang Air Conditioner untuk mengatur suhu dengan mudah.

Atur jam tidur

Kalau kamu memang niat untuk mengubah kualitas tidur menjadi lebih baik dan normal kembali. Maka atur jam tidur dengan benar. Kurangi kegiatan – kegiatan yang tidak bermanfaat, dan pastikan tidur awal jika memang tidak akan pekerjaan penting lagi. Kurang begadang karena itu akan memicu kualitas tidur yang buruk.