Tidak selamanya wisata bersama-sama teman itu menyenangkan, ada kalanya kita memang membutuhkan waktu untuk berwisata seorang diri atau solo traveling agar bisa lebih bebas lagi. Karena salah satu yang tidak bisa didapatkan ketika traveling bersama-sama itu adalah kebebasan.

Ya, ketika kita ingin ke tempat A, eh teman lain mau ingin ke tempat B. Intinya kita tidak boleh egois. Nah tapi kalau solo traveling bebas – bebas saja mau kemana. Kita bisa ke tempat yang kita mau tanpa ada orang lain yang melarang.

Akan tetapi solo traveling juga punya risiko. Karena sendiri, jadinya tidak ada teman yang bisa diajak komunikasi atau diskusi apalagi pinjam uangnya ketika tiba-tiba uang cash habis.

Nah untuk itu ketika kamu ingin solo traveling, sebaiknya persiapkan beberapa hal berikut ini :

1. Siapkan alat pembayaran

Karena kamu nanti sendiri, jadi perlu mempersiapkan alat pembayaran yang lengkap. Jangan sekadar uang cash tetapi juga beberapa alat pembayaran lain seperti debit card atau credit card. Jangan sampai kamu nitip KTP karena tidak ada uang cash. Hehe.

2. Fasih Bahasa Inggris

Ini sih kalau untuk solo traveling ke luar negeri ya. Jadi kamu memang harus bisa berbahasa Inggris. Kalau sama teman mungkin bisa suruh teman yang ngomong kalau mau beli atau tanya ini itu di negeri orang, tetapi kalau solo traveling? Ya semuanya harus dilakukan secara mandiri.

3. Minimal Tahu Tujuan

Kadang ada traveler yang punya karakter nekat, asal ke kota A, kota B, masalah destinasi wisata ngalir saja. Tetapi ada juga yang perlu menentukan tujuan dulu. Nah, kalau solo traveling khususnya kamu yang belum pernah ke tempat tersebut, sebaiknya cari informasi beberapa destinasi yang akan dikunjungi. Supaya bisa lebih hemat waktu dan tidak bingung ketika sudah di tempat nanti.

4. Cari Info Penginapan Murah

Supaya lebih hemat dibudget, sebaiknya kamu mencari informasi penginapan yang murah. Atau kalau ada hotel kapsul. Kalau kamu tidak solo traveling gitu kan sewa hotelnya bisa sharing dengan teman-teman, tetapi kalau wisata sendirian ya solusinya cari penginapan murah di daerah tersebut. Tujuannya supaya hemat budget.

5. Cari Promo

Biasanya orang-orang yang melakukan solo traveling itu nunggu kalau ada promo. Baik promo transport seperti pesawat atau kereta. Selain itu kadang juga promo hotel kalau memang ingin menginap di hotel berbintang.

Cara seperti ini lebih ampuh dalam menghemat budget.

6. Persiapkan Kesehatan

Yang jelas sebelum solo traveling harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar tetap terjaga kesehatannya. Tidak asik kalau nanti pas traveling malah jatuh sakit, sendirian pula.

Kalau kamu ingin mendapatkan referensi solo traveling dari para traveler kece, kamu bisa baca kisahnya di buku The Naked Traveler, atau buku  Hari 5 Negara, Solo Traveling.