Saat ini, Asia masih didominasi oleh negara-negara yang berkembang. Meskipun begitu, beberapa negara di Asia sudah termasuk negara maju. Salah satunya adalah Negara Matahari Terbit, yaitu Jepang. Berasal dari Asia selatan, Jepang membuktikan dirinya mampu bersaing secara global dalam bidang teknologi.

Indonesia harus banyak belajar dari Negara Jepang. Sebenarnya, apa alasan Jepang dapat menjadi Negara maju? Ternyata orang-orang Jepang memiliki kebiasaan-kebiasaan baik yang diwariskan dari generasi ke generasi. Berikut adalah 5 kebiasaan orang Jepang yang bisa Indonesia tiru untuk menuju Negara maju!

Waktu adalah uang

Meskipun istilah “time is money” lebih populer di Inggris, namun warga Jepang menerapkan prinsip ini dengan baik. Tidak ada waktu yang dibuang sia-sia, karena setiap detik bagi mereka adalah uang. Kalau sedang ke Jepang, coba deh perhatikan sekeliling! Setiap orang sibuk berjalan cepat untuk mencapai tujuan.

Budaya antre

Meskipun bagi mereka waktu adalah segalanya, masyarakat di Jepang masih suka mengantri lo! Budaya disiplin mengajarkan mereka untuk selalu mentaati peraturan, termasuk tidak menyela antrian. Apakah Anda termasuk orang yang suka menyela antrian? Coba ubah dulu ya perilaku tersebut sebelum siap menjadi orang sukses seperti orang-orang Jepang

Bersih

Kebersihan adalah hal mutlak yang harus dijaga di Jepang. Siapa yang pernah berkunjung ke sana, pasti sudah tidak asing dengan suasana kota yang bebas sampah dan nyaman dipandang mata. Ternyata, petugas kebersihan di Jepang dibayar dengan bayaran yang tinggi lho sehingga profesi ini tidak diremehkan.

Tidak konsumtif

Konsumersime adalah masalah utama yang terjadi di Indonesia. Budaya konsumerisme sudah tidak dapat dibendung lagi. Setiap hari, pusat perbelanjaan selalu ramai dikunjungi. Tidak heran, jika platform jualan online di Indonesia dapat naik daun dengan cepat. Ternyata meskipun Jepang adalah Negara yang banyak memproduksi barang elektronik, masyarakatnya menjaga diri untuk tetap hemat dan jauh dari gaya hidup konsumerisme, lho.

Malu tidak berprestasi dan korupsi

Kalau di Indonesia, korupsi masih terus menjadi masalah. Di Jepang, korupsi sama sekali bukan masalah karena masyarakatnya menjunjung tinggi budaya malu. Mereka akan malu jika tidak berprestasi. Apalagi sampai melakukan korupsi.

Dari kelima kebiasaan orang Jepang tersebut, mana yang akan Anda coba untuk terapkan? Mungkin agak mustahil jika benar-benar langsung terwujud, orang Indonesia akan benar-benar mirip menjadi orang Jepang. Namun tidak ada salahnya menyicil dari sekarang. Siapa tahu dengan perubahan sikap yang dimulai dari diri kita sendiri dapat menjadi sesuatu yang baik bagi Indonesia di masa depan?