Hati-hati dengan apa yang kita pikirkan, karena pikiran kita itu memiliki pengaruh positif dan negatif untuk diri kita. Pengaruh negatif ini yang bahaya dan perlu kita cegah secepatnya. Karena pengaruh ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh kita.

Hal yang paling sering terjadi karena pikiran negatif adalah membuat diri menjadi mudah stress. Dan stress akan memicu naiknya asam lambung, akhirnya memicu sakit maag. Kami pernah menulis artikel tentang sakit maag, Anda bisa membacanya.

Baca juga : Bukan Obat, Inilah yang Dapat Menyembuhkan Sakit Maag Kamu

Sedikit kami ulas dari artikel tersebut, bahwa untuk menyembuhkan sakit maag itu ada peranan dari pikiran kita. Orang menderita sakit maag harus bisa mengendalikan pikiran agar tidak mudah stress. Karena kalau stress akan memicu naiknya asam lambung.

Mengendalikan pikiran ini bukan perkara yang mudah. Apalagi jika Anda orangnya pemikir. Karena ini ada hubungannya dengan alam bawah sadar seseorang.

Mengendalikan pikiran tidak bisa dilakukan sekejap, perlu adanya proses dan tahap-tahap yang perlu dilakukan agar kita bisa mengelola pikiran dengan mudah. Sehingga nantinya bukan pikiran yang mengendalikan dirinya, tetapi diri kita yang mengendalikan pikiran.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba mulai dengan hal-hal mudah.

1. Ubahlah pola pikir Anda secara terbuka

Biasanya seseorang akan sulit mengendalikan pikirannya karena terlalu menjaga prinsipnya. Memiliki prinsip hidup itu penting, akan tetapi kita juga butuh keterbukaan pemikiran karena kita hidup di masyarakat yang beragam.

Jangan sampai prinsip kita malah mengerdilkan diri kita dari masyarakat. Ubahlah pola pikir Anda menjadi lebih terbuka lagi. Jika awalnya tidak bisa menerima hal-hal yang umum ada di masyarakat karena Anda punya prinsip berbeda, maka cobalah untuk menerima itu. Menerima bukan berarti Anda lantas ikut melakukannya. Tetapi cukup menghargai hal-hal di luar prinsip Anda.

Memiliki pemikiran yang terbuka akan lebih memudahkan Anda dalam mengelola pikiran Anda nantinya.

2. Perluas pergaulan Anda

Semakin banyak bertemu orang baru, akan membuat Anda merasa bahwa setiap orang itu unik dan punya pemikiran berbeda-beda. Sehingga ini akan merangsang pikiran mu menjadi lebih terbuka lagi dan bisa menerima perbedaan satu sama lain.

Akan tetapi pilihlah pergaulan yang positif untuk diri kamu.

3. Perbanyak kegiatan positif

Jangan sampai Anda memiliki waktu luang yang tidak dimanfaatkan untuk apa-apa. Karena itu akan menimbulkan pemikiran-pemikiran negatif di diri Anda. Sebaiknya perbanyak kegiatan positif, seperti olahraga atau melakukan hobi di sela-sela waktu luang Anda.

Dengan memperbanyak kegiatan positif, membuat pikiran Anda tidak ada waktu untuk memikirkan hal buruk.

4. Baca buku

Membaca buku juga dapat membuat Anda lebih mudah dalam mengendalikan pikiran. Baca buku yang Anda sukai, itu akan membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang dan dapat mengurangi stress.

Kalau saat ini Anda tidak suka membaca buku, lebih baik dicoba dan dibiasakan. Jadikan membaca buku sebagai rutinitas. Karena membaca banyak sekali manfaatnya.

5. Perkuat ibadah

Jangan lupa untuk selalu beribadah kepada Tuhan. Dekatkan diri Anda kepada Sang Pencipta. Ini akan memberikan ketenangan batin bagi diri Anda. Dengan ibadah Anda juga dapat melepas segala beban yang ada di pikiran di hadapan-Nya.

Mengendalikan pikirkan itu bukan perkara yang mudah, tetapi bisa dilakukan asal ada kemauan dan konsistensi di dalamnya.