Cara mengendalikan emosi diri sendiri itu perlu effort yang cukup besar agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Karena kadang kalau manusia sudah mengeluarkan emosi yang negatif, antara jiwa dan raga tidak bisa terkontrol. Inilah pentingnya mengapa kita harus bisa mengendalikan emosi dengan benar.

Sebenarnya hal wajar jika manusia mengeluarkan emosi. Karena emosi adalah bagian dari ekspresi dan bentuk respons dari dalam diri manusia tentang suatu hal. Misalnya saja kita melihat ada yang lucu, maka emosi kita akan ketawa, kalau melihat yang sedih bisa meneteskan air mata. Begitu juga ketika melihat sesuatu yang membuat kita kesal, emosi kita jadi marah.

Nah emosi yang positif dan negatif ini tetap kita kontrol. Tertawa merupakan emosi yang positif, tetapi jika tidak dikontrol maka kita akan tertawa terbahak-bahak atau berlebihan dan itu juga tidak baik.

Apalagi emosi yang negatif, itu perlu dikontrol agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Ada beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk bisa mengontrol emosi diri.

Langsung tenangkan diri

Meskipun kadang emosi itu keluar secara tiba-tiba dan alami begitu saja, tapi semuanya bisa ada pemicunya. Khususnya emosi negatif. Misalnya saja marah, seseorang yang akan marah pasti akan diawali dengan kekesalan di dalam hatinya. Kemudian kekesalan itu akan diekspresikan dalam kemarahan yang melibatkan fisik. entah itu berteriak atau lainnya.

Nah, dari dalam hati kita sudah merasakan kekesalan dan kalau dilanjutkan bakal jadi kemarahan, maka kita harus langsung menenangkan diri.

Ambil nafas dalam-dalam, pejamkan mata dan tenangkan hati pikiran. Kalau perlu menjauh dulu dari sumber kekesalan itu. Jangan malah terus memancing emosinya.

Ubah Pola Pikir Anda

Emosi itu timbul dari adanya suatu situasi atau kondisi tertentu. Sikon ini tidak bisa Anda ubah, tetapi Anda bisa mengubah pola pikir Anda agar tidak menjadi emosi. Misalnya saja Anda tengah berada di kemacetan, kemudian dari belakang ada yang membunyikan klakson keras-keras, padahal sudah tahu macet.

Di sini Anda bisa saja terpancing emosi kemarahan, karena kondisi lalu lintas yang macet, ditambah respon dari pengemudi lain yang tidak tahu diri. Kalau Anda tetap mengikuti situasi itu, Anda bakal terpancing emosinya. Nah, Anda tidak bisa mengubah situasi karena memang sedang macet. Yang bisa Anda lakukan adalah mengubah pola pikir Anda. Pikirkan saja kalau pengemudi lain yang terus-terusan memencet klakson itu hanya orang yang kurang kerjaan. Anda cukup tanggapi dengan senyuman saja. Itu akan membuat pikiran dan hati Anda akan lebih baik.

Perbaiki cara berkomunikasi

Banyak emosi yang timbul karena miscommunication. Jangan sampai masalah komunikasi yang kurang lancar membuat Anda menjadi emosi. Lebih baik perbaiki cara berkomunikasi dan selalu ajak komunikasi orang di sekitar Anda supaya bisa saling nyaman dan tidak saling menyalahkan.

Keluar dari Area yang Membuat Anda Emosi

Kalau Anda tengah berada di kondisi yang membuat Anda bakal emosi, lebih baik keluar dari area itu. Menjauhlah dan cari situasi lain yang lebih menyenangkan. Menghindar ini adalah salah satu cara yang paling baik untuk memberikan ketenangan pada emosi diri Anda.

Atau Anda bisa menyendiri untuk menenangkan diri.

Ubah fokus Anda

Misalnya di kantor ada masalah dengan rekan kerja, sebenarnya itu masalah sepele. Tetapi jika Anda terus berfokus pada masalah itu, maka hanya akan membuat Anda emosian terus. Lebih baik fokuskan pada hal lain yang membuat Anda menjadi cair suasananya.

Berolahraga

Banyak orang percaya kalau olahraga dapat melepas ketegangan dan stress di dalam diri. Kalau Anda merasa emosian, lebih baik lepaskan dengan berolahraga apapun itu. Rasakan setelah olahraga Anda akan merasa jauh lebih tenang bahkan lupa akan masalah yang sebelumnya.

Tetap jagalah kesehatan jiwa dan emosional di dalam diri kita. Tidak hanya raga saja yang perlu dijaga, tetapi jiwa juga berpengaruh untuk kehidupan kita. Banyak orang yang mengalami sakit berat seperti jantung dan tekanan darah tinggi diakibatkan terlalu banyak emosi. Mereka tidak bisa mengontrol emosinya sehingga mempengaruhi raganya. Jangan sampai Anda seperti itu.