Banyak yang dilakukan oleh para penulis untuk bisa menghasilkan tulisan kreatif. Dan mereka biasanya sangat bergantung pada ide dan kemampuan dirinya agar bisa tetap konsisten menulis. Ide dan kreatifitas dalam menulis itu terkadang tidak selalu muncul secara tiba-tiba, tak jarang penulis butuh sebuah rangsangan yang membuat ide bisa muncul.

Mengeksplore cerita yang sudah ada

Tak jarang untuk mendapatkan tulisan yang kreatif, para penulis sering mencari inspirasi dari cerita yang sudah ada. Maka tak heran kalau orang yang suka menulis pasti suka membaca. Karena mereka bukan sekadar untuk membaca buku saja tetapi agar bisa mendapatkan inspirasi dari cerita-cerita yang sudah ada.

Ini bukan menjiplak, tetapi mendapatkan inspirasi. Yang ini perlu digarisbawahi.

Tidak harus membaca tulisan dalam buku saja, tulisan dalam media lain pun juga bisa dijadikan inspirasi. Dengan membaca banyak buku atau tulisan, maka nanti akan muncul ide-ide baru yang bisa dijadikan poin dalam tulisannya.

Baca juga :

Penulis juga bisa melihat fenomena yang sedang hangat. Karena ini juga termasuk dalam mengeksplore cerita nyata. Justru dengan melihat fenomena yang sedang hangat akan lebih cepat mendapatkan ide-ide tulisan.

Memanfaatkan pengalaman pribadi maupun orang lain

Apa yang pernah dilaluinya di dalam hidup kita juga bisa dijadikan inspirasi untuk mendapatkan ide tulisan kreatif. Kalau perlu mendengar pengalaman dari orang lain yang mungkin lebih menarik. Dengan memanfaatkan pengalaman justru akan semakin mempermudah dalam mendapatkan ide, dan proses penulisannya nanti.

Dalam proses penulisan nanti, tidak harus untuk menuliskan cerita pengalaman secara runtut. Bisa saja hanya mengambil inti kisah dari pengalaman itu kemudian dikembangkan dengan daya imajinasi sendiri lagi.

Jadi ketika kamu mendapatkan sebuah pengalaman yang berbeda, catatlah pengalaman itu, dimana tempatnya, waktunya, dan peristiwanya bagaimana. Siapa tahu nanti bisa dijadikan sebuah tulisan yang menarik.

Mencari ide secara bebas

Kamu juga bisa mencari ide secara bebas dari apapun yang muncul dipikiran. Tidak perlu memikirkan bagus tidaknya, yang penting tulis dulu. Kemudian buat kerangka tulisan agar bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

Cara seperti ini sangat membutuhkan daya imajinasi tinggi jika sudah masuk pada tahap pengembangan tulisan.

Intinya, dalam menulis kreatif banyak ide yang bisa didapatkan. Sumbernya banyak, tinggal kita mengasah kepekaan agar apa yang muncul di sekitar kita bisa dijadikan sebuah ide tulisan kreatif.