Saat ini wisata telah menjadi salah satu pemasukan sebuah daerah yang cukup menjanjikan. Apalagi jika tempat wisata yang ada mampu dikelola dengan bersih dan membuat pengunjung nyaman. Tempat wisata yang ada di daerah pun apabila digarap dengan serius, bakal mengangkat nama daerah itu sendiri.

Bahkan sekarang ini di desa-desa berbekal dengan adanya dana desa bisa memajukan sebuah tempat wisata atau membuat tempat wisata baru.

Ada dua jenis tempat wisata, yang pertama adalah wisata asli dan yang kedua adalah wisata buatan. Wisata asli ini adalah tempat wisata yang memang sudah ada secara alami. Misalnya saja air terjun, goa, pantai dan lain-lain. Sedangkan wisata buatan adalah tempat wisata yang sengaja dibuat oleh manusia untuk dijadikan sebuah tempat wisata. Misalnya saja tempat Wisata Bukit Cinta yang ada di Kabupaten Klaten.

Wisata buatan ini sekarang memang sedang banyak bermunculan. Dan mayoritas memang digarap oleh masyarakat desa, karena mereka melihat potensi alam yang ada bisa dijadikan obyek wisata menarik. Umumnya wisata buatan ini bakal jadi tempat foto-foto / swafoto para anak-anak muda dan keluarga.

Nah pertanyaannya adalah apabila di daerah ada potensi wisata yang bisa diangkat, bagaimana mempromosikannya?

Beruntung sekali kita hidup di era digital internet, sehingga sangat mudah untuk mempromosikan tempat-tempat wisata.

Gunakan media sosial

Media sosial memang salah satu media yang paling ampuh untuk mempromosikan berbagai hal termasuk tempat wisata. Bahkan tempat wisata yang hits sekarang ini mayoritas ramai karena adanya media sosial. Awalnya ada satu dua orang yang sengaja mempublikasikannya di media sosial, karena tempatnya menarik, alhasil banyak orang yang berdatangan.

Kalau di daerah kamu ada potensi wisata yang menarik, cobalah untuk gunakan media sosial seperti Instagram. Akan tetapi cobalah untuk mengelolanya dulu. Tempatnya dirapikan, ditentukan tempat parkirnya, dan lain-lain. Agar ketika ada orang yang datang ingin melihatnya, mereka tidak menyesal dan para pengunjung yang penasaran ini juga bakal ikut mempromosikannya melalui media sosial.

Undang Instagrammer dan Blogger

Cara lain bisa mengundang para Instagrammer yang hits dan blogger untuk datang ke kawasan wisata daerah tersebut. Ajak mereka untuk mengetahui lebih detail tentang tempat wisata itu. Nantinya mereka juga akan membantu mempromosikan tempat wisatanya melalui media yang mereka punya.

Buku rekomendasi : Manajemen Pemasaran Pariwisata

Cara seperti ini bisa dikemas dalam konsep famtrip. Sudah banyak pihak yang menggunakan cara seperti ini dan cukup membantu.