Masa depan itu tidak pasti, wajar jika apa yang kita rencanakan untuk masa depan tidak sesuai di kemudian hari. Ini yang membuat banyak orang menjadi pesimis tentang masa depannya nanti. Dan mereka pasrah tentang masa depannya. Secara tidak langsung ini akan mempengaruhi apa yang akan kita lakukan hari ini.

Dan ini sangat berpengaruh dalam dunia bisnis, di mana dalam dunia bisnis merencanakan masa depan adalah salah satu cara agar bisa tetap bertahan dan berkembang. Seorang pemimpin perusahaan perlu tahu bagaimana merencanakan ini semua. Apakah harus memang investasi hal-hal yang dibutuhkan di masa depan nanti atau melakukannya apa yang ada hari ini.

Nah, untuk itu bagaimana kita merencanakan masa depan yang tidak pasti ini?

Seorang ekonom bernama Mark Esposito dan rekan kerjanya Terence C.M. Tse telah melakukan penelitian bertahun-tahun soal ini. Dan mereka telah berhasil mengembangkan kerangka kerja yang disebut DRIVE, yang berguna untuk membantu para pemimpin memeriksa masa kini untuk memengaruhi masa depan.

Di dalam bukunya, “Understanding How the Future Unfolds: Using DRIVE to Harness the Power of Megatrends“, mereke menulis :

“Kami cenderung berpikir bahwa hari ini pasti dan besok tidak pasti, tetapi logika itu harus dibalik. Kepastian, saat ini menyiratkan tidak ada yang bisa kita lakukan hari ini untuk mengubah hasil, namun kita dapat membuat perubahan menjadi lebih baik hari ini. Ketidakpastian mengimplikasikan kita dapat memiliki masa depan yang berbeda dan semoga lebih baik. Semakin baik kita menangani masalah kita saat ini, semakin tinggi peluang kita untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Jika kita tidak bertindak sekarang, besok tidak akan membaik.”

Mereka telah menyimpulkan bahwa masa depan memang perlu dipikirkan saat ini, akan tetapi itu yang perlu kita persiapkan hari ini. Fokusnya adalah mempersiapkan hari ini dengan lebih baik untuk berusaha mewujudkan masa depan yang tentunya akan lebih baik.

Mereka pun juga memiliki tanya jawab yang bisa membantu kita dalam merencanakan itu semua.

TANTANGAN APA YANG DILAKUKAN ORANG-ORANG SAAT MENCOBA UNTUK MENGIDENTIFIKASI TREN PASAR?

Kita tahu bahwa tren pasar sangat mempengaruhi hari ini dan masa depan. Dalam menilai tren pasar ada tantangan yang perlu dihadapi. Menurutnya, tren pasar hari ini masih sangat dipengaruhi oleh alat ekonomi tradisional seperti analisis ekonomi makro, demografi, perbandingan pasar, dll.

Semua alat ekonomi ini masih cenderung mempertimbangkan aspek umum dari pasar. Tetapi kita hampir tidak melihat pasar yang cenderung muncul sebagai akar rumput.

Kita ambil contoh brand Blackberry. Perusahaan ini berfokus pada pasar korporat dan peningkatan pada fitur saja, tapi tidak memperhatikan pasar konsumen di mana kebutuhan akan aplikasi yang cepat sebagai prioritas bagi pengguna ponsel. Ini adalah bentuk kekurangan yang mereka miliki karena bergantung pada data ekonomi makro.

Tantangan lainnya adalah ketika tren pasar sudah diidentifikasi, masih sulit untuk membuat relevan dengan para profesional yang bekerja di dalamnya. Ini dikarenakan masih banyaknya SDM yang cenderung bersifat generik dan melihat sebuah statistik tanpa melihatnya lebih dalam lagi.