Kalau kamu punya keahlian menulis, itu tidak serta merta kamu harus menjadi penulis buku. Banyak yang masih berpikir kalau suka nulis berarti profesinya ya jadi penulis buku. Padahal tidak. Apalagi di era sekarang ini banyak profesi yang bisa dicoba dengan mengandalkan keahlian menulis.

Keahlian menulis masih dianggap sesuatu yang biasa bagi sebagian masyarakat kita. Bahkan kalau ingin mencita-cita sesuatu yang berbau keahlian tulis menulis rasanya itu bukan profesi yang bergengsi. Ya, masyarakat kita memang masih menilai suatu pekerjaan dari gengsinya.

Apalagi ada pemikiran bahwa dengan keahlian menulis itu tidak akan membuat kaya. Ini jelas kesalahan besar, karena di luar sana banyak orang yang berprofesi dengan mengandalkan keahlian menulisnya dan bisa sukses dibidang tersebut.

Lalu apa saja profesi yang bisa diandalkan melalui keahlian menulis?

#1 Copywriter

Copywriter itu adalah profesi yang memiliki tugas membuat sebuah copy (iklan) melalui tulisan. Sekarang banyak dicari nih profesi copywriter. Biasanya yang mencarinya adalah agensi periklanan atau perusahaan-perusahaan besar pun juga banyak yang mencari profesi ini.

Jadi dengan keahlian menulis tentu ditambah lagi ada ilmu marketing, profesi ini membuat iklan-iklan (baik itu headline, tagline, dll) yang biasanya akan digunakan di media iklan suatu produk/layanan.

Copywriter ini juga perlu memiliki kreativitas tinggi agar bisa mengolah kata menjadi sebuah kalimat yang membujuk.

#2 Content Writer

Kalau content writer tugasnya adalah menulis konten artikel di website-website. Sekarang ini juga banyak dicari, karena setiap website pasti butuh konten artikel. Bisa bekerja sendiri atau melalui perusahaan.

Meskipun harus didasari oleh keahlian menulis, tetapi seorang Content Writer harus punya keahlian lain seperti dasar-dasar SEO, dan Marketing Online. Karena itu akan sangat menunjang kualitas tulisannya.

#3 Jurnalis

Memiliki keahlian menulis juga bisa berprofesi sebagai jurnalis, baik di kantor berita offline maupun media online. Kalau sekarang malah banyak dicarinya yang jurnalis media online. Kita tahu kalau website berita online sekarang semakin banyak, dan itu dibutuhkan jurnalis-jurnalis yang bisa mengisi berita di website berita tersebut.

Untuk bisa menjadi jurnalis, khususnya jurnalis media online, sekarang ini tidak harus memiliki latar belakang pendidikan Ilmu Komunikasi. Jika punya latar pendidikan bidang lain pun bisa.

#4 Script Writer

Profesi ini memiliki tugas menulis naskah siaran untuk kebutuhan penyiaran baik di TV, Radio, Film atau kanal media lain. Jadi kalau pernah lihat siaran di televisi atau paling mudah film deh, itu semua ada naskahnya. Dan naskah itu yang membuat adalah Script Writer.

Kalau Script Writer film, biasanya harus suka bercerita. Karena nanti juga yang membuat alur ceritanya.

#5 Penulis Buku

Kemudian penulis buku dong. Ini sudah jelas. Tetapi masih jarang yang punya cita-cita menjadi penulis buku. Biasanya orang yang ingin menjadi penulis buku hanya dijadikan sampingan saja.

Selain itu, juga ada profesi lain seperti Blogger. Menjadi blogger yang profesional tentu butuh keahlian menulis. Bahkan sekarang ini pun banyak orang yang berprofesi sebagai blogger. Meskipun terlihat aneh, faktanya mereka memang berprofesi itu dan punya penghasilan di atas rata-rata.

Bagaimana? Kalau punya bakat atau minat dalam menulis, jangan diremehkan. Terus kembangkan siapa tahu jadi profesi kamu.