Ketika seseorang sudah mulai merasakan ngekost, biasanya ada perasaan yang berbeda bagi masing-masing orang. Ada yang memang senang dan sangat antusias karena bisa hidup mandiri meski jauh dari keluarga, tapi ada juga yang galau untuk memulai ngekost pertama kali.

Nah buat yang baru pertama kali ngekost, pasti belum tahu apa saja perlengkapan atau barang yang perlu ada di kamar kost. Secara nanti kamu akan hidup sendirian dan barang-barang ini memang perlu ada.

Apa saja itu?

1. Perlengkapan Makan

Kamu wajib bawa piring, gelas, dan perlengkapan makan lain yang sekiranya diperlukan. Meskipun dari awal kamu sudah punya niat akan selalu makan di luar, tapi perlengkapan ini wajib ada. Karena akan ada masanya kamu akan makan di kost. Entah itu beli makan sendiri, atau ternyata di kost mu sedang ada makan-makan bersama dengan teman kost lain.

Kalau nanti kamu ada niat untuk masak sendiri, ya tentu perlengkapan makannya lebih banyak. Seperti harus bawa magic jar, pemasak air, dll.

2. Perlengkapan Tidur

Ada dua tipe kamar kost, yaitu kosongan dan isi. Yang dimaksud kosongan itu di kamar tidak ada isinya, cuma kamar saja. Kalau isi, sudah pasti ada kasur, almari, meja, dll.

Nah, baik kamar kost kosongan atau isi, kamu tetap harus punya perlengkapan tidur. Karena meskipun kamar kost sudah ada kasurnya, tetapi biasanya tidak ada bantal. Jadi kamu harus bawa perlengkapan tidur sendiri seperti bantal, guling, selimut, sprei, dll.

3. Perlengkapan Mandi

Kost itu bukan hotel yang sudah disediakan perlengkapan mandi. Jadi kamu harus bawa perlengkapan mandiri sendiri. Dan jangan lupa bawa perlengkapan cuci baju karena nanti kamu juga harus cuci baju sendiri.

4. Obat-obatan Pribadi

Nah yang tidak boleh ketinggalan juga adalah obat-obatan pribadi. Terlebih jika kamu punya riwayat penyakit yang kambuhan, seperti maag, atau lainnya. Obat-obatan pribadi ini perlu ada jika suatu saat kamu sakit dan sedang tidak ada orang untuk dimintai tolong beli obat atau mengantar ke dokter.

Ini termasuk perlengkapan P3K ya. Kalaupun tidak berguna buat kamu, nanti bisa terpakai jika ada teman kost yang sakit.

5. Alat Kebersihan

Alat kebersihan juga perlu kamu miliki yang bisa digunakan untuk membersihkan kamar kost kamu, seperti kemoceng, sapu kecil, tong sampah, hingga pengharum ruangan jika perlu.

Kamu tidak mungkin kan akan pinjem temen kost terus atau malah pinjam ibu kost.

Untuk barang-barang lain selain di atas, sebaiknya perlu ditanyakan ke pemilik kost dulu. Karena kadang ada yang tidak diperbolehkan, atau diperbolehkan tapi ada biaya tambahan. Misalnya saja kamu mau bawa kucing peliharaan atau mungkin mau bawa PC yang butuh daya listrik tinggi.