Tentu semua penulis novel ingin menjadi terkenal dari profesinya ini. Meskipun tujuan utamanya menulis bukan untuk menjadi terkenal, tetapi jika suatu saat nanti menjadi terkenal tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri.

Sebenarnya semua penulis novel bisa saja menjadi penulis novel yang terkenal, asal mau bekerja keras dan terus mengeluarkan karya-karya yang menarik. Beberapa poin di bawah ini mungkin dapat membantu Anda untuk menemukan kesuksesan dalam berkarya di bidang literasi yang satu ini.

#1 Terus telurkan karya

Ya, karya buku adalah senjata utama bagi penulis untuk meraih kesuksesan. Untuk menjadi penulis yang terkenal, tidak bisa hanya membuat satu dua novel saja. Setiap waktu harus memikirkan dan menyusun karya-karya barunya. Sebut saja Andra Hirata yang sudah sangat banyak mengeluarkan judul novel.

#2 Mau riset

Penulis novel yang profesional dalam memproduksi karya tidak sekadar mengandalkan imajinasi saja. Tetapi juga melakukan riset-riset yang mendukung cerita di dalam novelnya nanti. Riset-riset ini akan membuat cerita menjadi mudah diterima pembaca karena ceritanya sangat relevan dengan kehidupan nyata.

Riset bisa dilakukan melalui buku lain, atau berbagai sumber informasi yang ada. Termasuk mendatangi lokasi-lokasi yang ada kaitannya dengan cerita.

#3 Mengadaptasi dari kisah nyata atau kearifan lokal

Tidak selamanya membuat novel yang fiktif, novel yang bersumber dari kisah nyata dan ada sentuhan kearifan lokalnya, itu yang disukai pembaca. Masih ingat dengan Laskar Pelangi karya Andra Hirata? Novel tersebut berdasarkan kisah nyata masyarakat di Pulau Belitung. Justru dari kisah tersebut, membuat novel ini menjadi best seller dan sampai diterbitkan ke dalam berbagai bahasa.

#4 Punya ciri khas

Setiap penulis alangkah baiknya punya ciri khas di setiap novel-novel yang diterbitkannya. Entah ciri khas dalam hal tema yang diusungkan, atau dari judul-judulnya. Kalau Anda lihat, penulis Raditya Dika itu selalu membuat buku dengan judul yang berhubungan dengan hewan. Itu ia lakukan karena ingin menjadi beda. Perbedaan itulah yang membuatnya menjadi dilirik banyak orang.

#5 Sampaikan pesan

Dalam membuat novel, jangan sekadar untuk media hiburan. Tetapi buatlah novel yang mengimpan pesan positif untuk pembacanya. Dengan seperti itu novel akan lebih berkesan dan tentunya akan membuat nama penulisnya menjadi terangkat.

#6 Berbagai dengan yang lain

Kalau sudah menelurkan banyak karya, jangan pelit untuk berbagi cara. Anda bisa membuat workshop-workshop penulisan dan mengajarkan cara-cara menulis novel. Cara semacam ini juga dapat dijadikan sebagai ajang promosi karya-karya Anda.

Menjadi penulis yang terkenal itu tidak mudah, ada prosesnya dan kadang tidak ada rumusnya. Menjadi terkenal itu adalah imbas dari berkualitasnya karya di mata pembaca. Jika pembaca senang dan mengapresiasi karya Anda, maka dampaknya Anda akan menjadi terkenal.

Tetapkan menghargai para pembaca yang telah mengapresiasi karya-karya Anda. 🙂