Biasanya kalau membuat slide presentasi mayoritas akan menggunakan aplikasi Microsoft Office PowerPoint. Karena aplikasi inilah yang paling populer di kalangan pengguna. Tetapi apakah Anda tahu masih banyak alternatif aplikasi pembuat slide presentasi yang juga tidak kalah bagus dan powerful selain PowerPoint?

Di artikel kali ini Blog Bukupedia ingin membagikan 7 aplikasi pembuat slide presentasi tersebut. Harapannya tentu Anda bisa memiliki banyak pilihan aplikasi dan tidak harus bergantung pada PowerPoint. Selain itu, di setiap aplikasi presentasi memiliki fitur yang berbeda, ini yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat slide presentasi yang menarik.

Artikel terkait : Hal yang Perlu Dipersiapan Sebelum Presentasi

Berikut 7 aplikasinya…

1. Prezi

Prezi

Aplikasi ini sebenarnya sudah lama, dan menurut kami ini sangat cocok digunakan di era cloud sekarang ini. Karena Prezi ini sebenarnya berbasis cloud (online), tetapi juga ada versi desktop. Karena berbasis cloud, maka kamu bisa menyimpannya di cloud dan dapat membuka kapan saja. Tidak perlu khawatir ketinggalan file di komputer rumah karena file presentasinya akan tersimpan di cloud.

Yang menarik Anda juga dapat menggunakan Prezi ini secara bersama-sama (kolaborasi) dengan tim Anda.

2. Visme

Visme

Selain itu ada juga Visme. Aplikasi ini cukup lengkap, karena Anda tidak hanya dapat membuat slide presentasi saja, tetapi juga digunakan untuk membuat infografis, resume, visualisasi data, dan laporan lain. Tersedianya template yang yang banyak, membuat pengguna bisa lebih mudah memilih desainnya.

Koleksi gambar-gambar yang bisa digunakan gratis untuk mendukung materi presentasi juga sangat memudahkan. Fontnya juga lengkap, sehingga Anda bisa membuat slide presentasi yang unik dan menarik.

3. Emaze

Emaze

Ingin menampilkan slide presentasi melalui browser? Coba gunakan Emaze. Karena Emaze ini dirancang dengan menggunakan HTML5, yang artinya dapat dijalankan melalui browser. Aplikasi ini memang ditujukan untuk orang-orang yang ingin membuat presentasi yang singkat dan mudah.

Dengan Emaze ini Anda juga dapat membuat presentasi dalam bentuk video. Nantinya Anda dapat mengeksportnya dalam video. Template yang tersedia ada yang bentuk 2D maupun 3D, sehingga cukup interaktif.

4. WPS Presentation

WPS Presentation

Kalau Anda tidak bisa membeli lisensi Microsoft Office, Anda bisa mengunduh WPS Office secara gratis. Di paket WPS Office ini adalah WPS Presentation. Modelnya memang sama dengan Microsoft Office Powerpoint. Bahkan antar muka penggunanya hampir sama. Jadi kalau Anda terbiasanya dengan Powerpoint, tidak akan terkendala menggunakan ini.

5. Slidebean

Slidebean

Jika Anda tak mau repot mendesain melakukan pengaturan format slide presentasi Anda, coba gunakan Slidebean. Aplikasi ini bisa dikatakan sangat membantu sekali. Karena Anda cukup memasukkan konten materi slide, kemudian aplikasi ini akan membacanya dan membuat Anda desain layout yang sesuai. Menarik bukan?

Namun, untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus membayar sebesar $10 per bulannya.

6. Slidedog

Slidedog

Biasanya dalam presentasi itu ada file multimedia lain seperti audio, video, membuka link website, dll. Nah tak jarang bagi yang mengoperasikannya kesulitan atau kadang ada kendala saat memutarnya. Dengan menggunakan Slidedog ini masalah tersebut tidak lagi muncul. Karena Slidedog merupakan aplikasi presentasi multimedia yang bisa menggabungkan seluruh media dengan baik.

Tentunya presentasi Anda nanti akan tampak lebih menarik dan interaktif.

7. Zoho Show

Zoho-Show

Ini merupakan alternatif dari Powerpoint yang dapat digunakan secara online. Ya, karena Zoho Show merupakan software presentasi berbasis cloud. Tak perlu lagi menyimpannya ke harddisk atau flashdisk, karena Anda cukup membuka akun Zoho Anda kemudian bisa menjalankan presentasinya.

Zoho Show ini juga sudah support format file presentasi dari powerpoint, jadi Anda bisa mengimport file PowerPoint ke sini.

Buku rekomendasi :

Itulah beberapa alternatif aplikasi pembuat slide presentasi selain PowerPoint. Semoga Anda bisa menggunakan diantaranya ketika PowerPoint tidak bisa mendukung aktifitas Anda.