Bagi yang baru saja menyelesaikan  sekolah maupun kuliah, pasti nantinya akan dihadapkan dengan wawancara kerja. Hal tersebut seringkali menjadi beban bagi para pemula, akan tetapi segalanya akan mudah jika memiliki persiapan sebelum wawancara kerja. Seperti diketahui bahwa segala sesuatunya akan lebih mudah jika kita memiliki persiapan yang matang.

Persiapan sebelum wawancara kerja sangat penting, terlebih bagi mereka yang sama sekali belum pernah mengalaminya. Memasuki dunia kerja memang berbeda saat kita akan masuk perguruan tinggi, untuk itu persiapan sangatlah penting. Meski menjadi poin penting, tapi jangan terlalu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum mengikuti wawancara kerja. Ini bisa menjadi persiapan agar nanti wawancara pertama berhasil dan menjadi pengalaman berharga.

Persiapan sebelum melakukan wawancara kerja

1.Cari informasi tentang perusahaan.

Yang paling utama disiapkan sebelum mengikuti wawancara adalah mencari tahu informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan. Hal tersebut biasanya akan ditanyakan oleh HRD. Selain itu, pelajari tentang posisi yang dilamar. Dengan begitu akan semakin menambah rasa percaya diri saat menghadapi Pewawancara.

2.Perhatikan tentang penampilan.

Dalam hal wawancara kerja, penampilan akan sangat dinilai. Jangan biarkan kesan pertama hancur gara-gara penampilan kurang menarik. Ingat ya, penampilan menarik bukan berarti harus berlebihan.  Cukup memakai pakaian yang pantas dan sopan. Usahakan tidak memilih warna yang mencolok. Jangan lupa untuk menata rambut dengan baik supaya nyaman saat berbicara. Kebanyakan Pewawancara akan fokus pada bagian wajah, jadi jangan lewatkan kesan pertama.

3.Datang tepat waktu.

Meski keseharian masih sering terlambat, tapi usahakan agar datang tepat waktu saat akan wawancara. Akan lebih baik jika datang lebih awal satu jam sebelum wawancara dimulai. Hal itu untuk mengantisipasi segala sesuatu yang tidak bisa diprediksi seperti ban bocor, macet parah dan lain-lain.

4.Ketuk pintu sebelum masuk ruangan.

Etika dalam wawancara sangat diperhatikan, untuk itu berhati-hatilah. Salah satu kesan yang wajib dilakukan adalah mengetuk pintu sebelum masuk ke ruangan. Meski dianggap sepele, nyatanya justru memberi nilai lebih saat wawancara.

5.Tetap rendah hati.

Setiap kandidat tentu berasal dari kampus yang berbeda-beda. Begitu juga dengan kemampuan yang dimiliki. Walau begitu, tetaplah rendah hati. Jangan sampai terkesan pamer dengan keahlian yang dimiliki. Misalnya, jika kita lulusan terbaik maka jangan terlalu berlebihan dalam membahasnya karena hal itu justru akan mengurangi nilai di mata Pewawancara.

6.Jawab pertanyaan dengan uraian yang singkat, padat dan jelas.

Saat wawancara kerja, nantinya akan dihadapkan dengan berbagai macam Pewawancara. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah cara kita menjawab pertanyaan. Sebaiknya hindari jawaban yang singkat, misalnya hanya menjawab iya atau tidak. Berilah penjelasan yang singkat, padat dan jelas agar Pewawancara yakin mengapa harus memilih kita.

7.Ucapkan terima kasih dan berjabat tangan.

Di akhir wawancara, ada hal yang sebaiknya tidak dilupakan, yaitu mengucapkan terima kasih dan dilanjutkan dengan berjabat tangan. Ini memberikan kesan bahwa kita benar-benar menghargai kesempatan yang diberikan oleh pewawancara.  Percayalah, bagi pencari kerja yang masih baru, persiapan sebelum wawancara sangatlah penting maka dari itu jangan disia-siakan. Do your best.