Mood seseorang bisa berubah kapan saja. Pagi hari masih fresh dan semangat, bisa jadi saat di jalan raya mendadak emosi gara-gara pengguna jalan yang tidak tertib, lalu sampai di tempat kerja mendadak bete. Padahal pekerjaan di kantor sudah menumpuk dan mengharuskan kita untuk tetap produktif.

Menjadi produktif tidaklah sulit. Kita harus memiliki menajemen waktu yang baik untuk meminimalisir sesuatu yang terjadi dan membuat kita sulit untuk produktif. Bagi anda yang ingin tetap produktif sepanjang hari, berikut ada beberapa cara mudah yang harus dicoba.

Cara mudah agar tetap produktif

1. Rencanakan apa yang akan dikerjakan besok.

Hidup harus memiliki rencana, baik itu jangka panjang maupun jangka pendek. Memiliki rencana tentang apa yang akan dikerjakan besok dapat membantu Anda menjadi lebih produktif. Luangkan waktu untuk membuat to do list untuk keesokan harinya.

2. Lakukan meditasi di pagi hari.

Beberapa orang menganggap meditasi pagi hari tidaklah penting. Sayangnya hal tersebut justru membuat kita lebih ansusias melakukan kegiatan sepanjang hari.  Tidak perlu lama karena Anda cukup bermeditasi selama 15-30 menit saja. Rasa relax yang didapat membuat kita semangat mengahadapi hari.

3. Mendengarkan musik favorit.

Tipe orang dalam mengerjakan pekerjaan sangat berbeda-beda. Ada yang lebih semangat kerja ketika mendengarkan musik, terlebih musik favorit karna akan membantu seseorang mengerjakan pekerjaannya lebih asyik.

4. Pandailah dalam mengatur waktu saat jam kerja.

Produktif bukan berarti harus fokus terhadap pekerjaan selama jam kerja. Anda bisa mengatur kapan bekerja dan kapan “beristirahat” sejenak. Misalnya, ketika sudah 3 jam kerja, Anda boleh relax sejenak sekitar 15-20 menit untuk membuat kopi , mengganti channel musik yang Anda dengarkan maupun melakukan hal lain yang menyenangkan. Cara tersebut sangat ampuh dalam meningkatkan produktifitas kerja.

5. Fokus pada satu pekerjaan terlebih dahulu.

Dalam bekerja tentu kita melakukan lebih dari satu tugas, agar lebih mudah sebaiknya jangan dikerjakan dalam waktu bersamaan. Meski terlihat menghemat waktu tetapi cara tersebut tidaklah efisien dan membuat Anda kurang fokus dalam mengerjakannya. Fokuskah satu perkerjaan terlebih dahulu hingga selesai, setelah itu baru mengerjakan yang lain.

6. Buat rencana liburan pada kalender di meja kerja.

Jadikan pekerjaan menjadi prioritas tetapi jangan lupakan liburan. Bekerja keras boleh saja asal jangan lupa menyenangkan diri sendiri. Orang yang meluangkan waktu untuk liburan ternyata lebih produktif dibanding mereka yang tidak. Untuk itu, tandai kalender di meja kerja kapan Anda akan berlibur, dengan begitu akan lebih semangat dalam mencari uang karena ada rencana untuk liburan.

7. Buatlah kesibukan setelah pulang kerja.

Pekerjaan dan hubungan sosial haruslah seimbang. Untuk tetap produktif dalam bekerja, jangan menerapkan prinsip Kerja-pulang-kerja-pulang. Anda bisa melakukan rutinitas lain setelah pulang kerja seperti, bertemu dengan teman lalu ngobrol ke tempat-tempat menyenangkan, berkunjung ke toko buku ataupun mengkuti olahraga seperti Zumba, Yoga dan lain-lain.

Kendala yang dihadapi seseorang saat bekerja adalah naik turunnya semangat yang membuatnya kurang produktif. Semoga tips di atas bisa membantu Anda untuk tetap produktif sepanjang hari.