Buat yang berprofesi sebagai seorang penulis, pernah nggak tiba-tiba buntu dan nggak tau lagi harus nulis apa? Hal ini wajar karena mood seseorang bisa berubah-ubah.

Yang bikin bahaya adalah jika setiap hari merasa buntu saat menulis dan harus menunggu mood yang  bagus untuk melanjutkan menulis. Jangan khawatir, semua itu sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang sepele.

Tanpa disadari, sebenarnya mood menulis bisa datang dari hal-hal sepele. Ini juga berlaku untuk para blogger yang terkadang bingung mau nulis apa. Buat yang sering mengalami hal ini, berikut trik paling sepele untuk memancing menulis.

1.Jalan-jalan sebentar

Setiap penulis punya cara yang berbeda dalam membangkitkan mood menulis. Salah satunya dengan jalan-jalan. Yang dimaksud di sini bukan jalan-jalan ke suatu tempat tapi jalan ke ruangan lain. Jila merasa suntuk di suatu ruangan, maka berjalanlah ke ruangan lain. Siapa tahu ada ide baru yang muncul. Meski terlihat sepele, tapi beberapa orang sangat mudah mendapatkan ide dari cara ini.

2.Minum kopi atau teh

Kopi merupakan sahabat baik bagi para penulis. Beberapa di antara  mereka selalu beranggapan bahwa secangkit kopi merupakan inspirasi terbaik saat menulis. Lalu bagiamana jika tidak terbiasa minum kopi? Tenang, ini bisa diganti dengan secangkir teh. Keduanya memiliki kandungan kafein yang berbeda tapi mampu menciptakan ide bagi para penulis.

3.Mendengarkan lagu favorite

Selain kopi, teman baik untuk si penulis adalah mendengarkan lagu favorit. Dalam lagu yang didengarkan terdapat semacam terapi yang dapat membantu memunculkan ide-ide baru. Biasanya mereka akan mendengarkan musik berirama lambat agar lebih fokus.

4.Aktif bergerak

Kalau hanya berdiam diri saja ide untuk menulis akan sulit muncul. Sesekali bisa berpindah tempat duduk dari satu sisi ke sisi yang lain. Untuk memudahkan memunculkan ide, sebaiknya cari tempat duduk di dekat jendela dan langsung melihat suasana luar. Dengan begitu ide akan lebih mudah muncul. Masih ragu? Silahkan mencoba.

5.Fokuskan pada satu hal

Sebenarnya yang dibutuhkan saat menulis bukan hanya angan-angan tetapi juga fokus. Percuma banyak angan jika kurang bisa fokus. Untuk yang sering kehilangan ide, sebaiknya fokuslah pada satu hal yang sangat ingin ditulis, dengan begitu akan lebih mudah untuk menuangkan ide.

6.Buat coretan di kertas

Trik ini biasanya dipakai mereka yang sudah buntu menulis. Coretan dengan pena justru akan membuat seseorang lebih mudah berfikir, meski dianggap sepele nyatanya hal tersebut justru memudahkan untuk menulis.

7.Cari inspirasi dari sosial media

Inilah fungsinya kalau dari awal sudah memilih konten apa saja yang akan diikuti di sosial media, jika sewaktu-waktu idenya buntu bisa cari inspirasi di sosial media. Siapa tahu bisa menemukan referensi. Tidak sulit kan? Maka pilihkan siapa saja yang akan kamu ikuti di sosial media.

Ketika kehabisan ide, sebaiknya jangan langsung berhenti menulis, lakukan beberapa hal yang sekiranya bisa membangkitkan mood menulis seperti yang sudah dijelaskan diatas.