Ujian sekolah maupun ujian pendadaran di perguruan tinggi seringkali membuat seseorang stres. Tidak ada ujian yang sulit, mungkin karena kurangnya persiapan sehingga ujian tersebut tampak lebih sulit.

Meski sudah mengalaminya berkali-kali, tapi tetap saja orang akan merasa gelisah saat akan mengalami ujian.

Stres yang melanda saat akan ujian tidak hanya dialami oleh orang-orang yang baru pertama kali mengikuti ujian, bahkan banyak orang yang sudah berpengalamanpun akan merasa nervous. Tapi jangan khawatir karena hal tersebut diatasi dengan beberapa cara seperti berikut ini;

1. Tetap jaga kesehatan

Di dalam tubuh sehat terdapat jiwa yang kuat. Terlebih buat kamu yang akan menghadapi ujian, tubuh yang sehat akan membuatmu lebih fokus dalam belajar. Untuk itu, pastikan jangan terlalu.memikirkan hal-hal yang nggak penting dan membuatmu jatuh sakit.

Kesehatan jauh lebih penting dari apapun.

2. Sempatkan waktu untuk liburan

Siapa bilang sebelum ujian usai tidak boleh liburan? Ini salah besar. Meluangkan waktu sejenak untuk liburan akan membuat kita lebih fresh dan memudahkan untuk tetap fokus belajar sebelum ujian. Tidak perlu ke tempat yang jauh, yang penting pikiran kita bisa lebih relax.

3. Melakukan diskusi kelompok di luar ruangan

Yang dilakukan orang lain saat diskusi kelompok biasanya di sekolah atau di dalam rumah. Itu merupakan cara yang sudah kuno. Coba ajaklah teman-teman untuk berdiskusi di alam terbuka, misalnya saja di taman sekolah atau kampus. Dengan berdiskusi di ruang terbuka akan membuat cara belajar seseorang lebih santai dan menjauhkan rasa cemas sebelum ujian berlangsung.

4. Luangkan waktu bertemu dengan orang-orang terdekat

Orang terdekat seringkali menjadi semangat tersendiri bagi orang-orang yang akan melakukan ujian. Untuk itu perlu meluangkan waktu untuk bertemu dengan keluarga maupun teman dekat. Ini juga merupakan cara ampuh untuk menghilangkan rasa cemas sebelum ujian berlangsung.

5. Jangan belajar dadakan

Ini yang seringkali dilakukan orang-orang yang akan melakukan ujian. Mereka cenderung menerapkan sistem belajar semalam atau waktu yang mepet. Akan tetapi cara tersebut kurang efektif karena dinilai kurang fokus. Nah, jika masih ada yang memakai cara ini sebaiknya hilangkan.

Belajarlah jauh-jauh hari agar lebih konsentrasi sehingga lebih mudah dalam mengerjakan.

6. Hindari begadang

Belajar dengan rajin tidak perlu harus begadang. Jika terbiasa begadang karena belajar, Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Atur waktu supaya belajar tidak sampai malam. Terlalu malam belajar hanya akan merasa cemas karena kurang tidur. Jika sudah begitu, bisa-bisa konsentrasi ujian bisa terganggu.

7. Perbanyak doa

Ujian jangan terlalu dibikin stres. Jika masih kepikiran, maka perbanyaklah doa, minta segala sesuatunya dimudahkan. Dengan begitu akan mengurangi rasa cemas yang menyebabkan stres.

Setiap orang tentu punya cara yang berbeda untuk belajar, terlebih saat akan menghadapi ujian. Jangan terlalu panik hingga menyebabkan kesulitan konsentrasi. Pikirkan hal yang bikin kita bahagia sehingga cara ini mampu menghilangkan stres saat ujian.