Belakangan ini minat baca orang Indonesia sangat menurun. Hal ini mungkin karena sudah banyak sosial media yang menjadi media baca yang lebih modern. Meski begitu, membaca lewat aplikasi tentunya sangat berbeda saat membaca langsung dengan buku.

Beberapa orang tentu punya alasan yang berbeda mengapa malas membaca buku, salah satunya adalah tidak punya waktu karena terlalu sibuk dengan smartphone masing-masing.

Bagi yang ingin merubah hidup lebih baik, sebaiknya hilangkan rasa malas sebagai alasan karena membaca memiliki beberapa manfaat yang luar biasa.

Berikut ada beberapa alasan mengapa kita harus banyak membaca, antara lain;

1. Membantu mengurangi stress

Percaya tidak? Hanya dengan membaca akan mengurangi tingkat stres seseorang. Jika merasa banyak beban, cobalah luangkan waktu untuk membaca . Dengan begitu otak akan lebih relax.

2. Menambah kosa kata baru

Membaca ternyata tidak hanya penting untuk seorang penulis, tetapi juga untuk semua kalangan. Setiap buku yang kita baca tentu memiliki berbagai macam karakter penulisan serta kosa kata yang berbeda-beda.

Bayangkan jika kita semakin banyak membaca, tentu akan semakin banyak juga kosa kata yang kita kuasai. Menyenangkan bukan?

3. Lebih mampu memahami orang lain

Semua orang bisa saja bicara apa saja, tapi tidak banyak yang mau mendengar dan memahami apa yang dibicarakan orang lain. Dengan membaca, kita akan dilatih lebih banyak memahami sesuatu sebelum memutuskan untuk bertindak. Jika ingin lebih banyak memahami orang lain, maka asahlah kemampuan membaca.

4. Mampu menganalisa dengan baik

Inilah bedanya orang yang suka membaca buku dan yang tidak. Mereka yang suka membaca buku cenderung memiliki pemahaman analisa yang baik. Saat seseorang membaca, mereka tidak hanya sekedar membaca tetapi juga belajar menganalisa. Tanpa disadari,  hal itu akan berdampak pada kehidupannya, terlebih saat mengambil keputusan.

5. Menambah wawasan dan pengetahuan

Perubahan zaman selalu diikuti oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih. Jika kita tidak banyak membaca, maka kita akan ketinggalan dengan apa yang sudah populer di generasi sekarang dan yang akan datang. Jika ingin menambah wawasan, maka jangan malas membaca. Dengan begitu kita akan tahu apa saja yang sedang happening di masa sekarang.

6. Meningkatkan kualitas menulis

Seorang penulis harus banyak membaca. Mengapa demikian? Karena dengan membaca akan mendapatkan banyak kosa kata baru. Sebagai penulis, tentu saja tidak mau jika kata yang dipakai hanya itu-itu saja. Bacaan yang hanya memakai kosa kata yang sama hanya akan membosankan bagi pembacanya.

7. Terapi alami paling manjur

Mungkin sekilas terdengar sepele. Masa iya membaca bisa dipakai sebagai terapi alami? Itulah pentingnya membaca. Zaman sekarang banyak orang yang mudah depresi karena terlalu berkecimpung di dunia maya.

Bermain sosial media memang menyenangkan, tapi jika tidak bisa mengontrol diri hanya akan menyebabkan seseorang stress. Untuk mengatasi hal tersebut, kita hanya perlu membaca buku dan “menjauh” sementara dari dunia maya. Membaca buku mampu menjadi terapi alami.

Itulah alasan mengapa di era digital seperti sekarang masih ada orang yang menyempatkan diri untuk membaca buku.