Datangnya musim hujan memang seringkali membuat tubuh mudah terserang penyakit. Namun apa boleh buat, buat kita yang sering menghabiskan waktu di jalan dan selalu kehujanan, tentu harus lebih banyak menjaga kesehatan supaya tidak gampang sakit. Kesehatan memang mahal harganya. Daripada harus merawat diri saat sudah sakit, lebih baik mengantisipasi untuk tetap jaga kesehatan agar tidak mudah sakit.

Bagi orang yang memiliki kesibukan dan mengharuskan untuk keluar rumah saat musim hujan, pastinya ingin tetap sehat meski kehujanan setiap hari, bukan?  Sebenarnya untuk tetap segar bugar setiap hari tidaklah sulit. Ada beberapa tips mudah yang harus dicoba.

1.Perbanyak minum air putih.

Di mana-mana air putih selalu menjadi “sumber” yang menyehatkan tubuh. Cobalah sesekali bertanya pada orang-orang yang selalu terlihat bugar dan sehat meski banyak orang di sekitarnya yang terserang flu, tanyakan padanya apa yang membuat meraka tetap sehat saat cuaca seperti ini? Pasti 90% jawabannya adalah minum air putih secara teratur.

Yang disarankan di sini adalah minum air putih secukupnya saja, dalam artian  jangan kebanyakan dan jangan terlalu sedikit. Aturlah sendiri saat mengonsumsi air putih, dengan begitu tubuh akan tetap bugar.

2.Lindungi kepala dengan penutup yang aman.

Beberapa orang mungkin sensitif terhadap air hujan, terutama pada bagian kepala. Jika mengalami hal serupa, maka mengatasinya dengan memakaim penutup kepala saat kehujanan. Misalnya saja saat ke warung dan mendadak hujan, kalau tidak membawa payung sebaiknya gunakan plastik sebagai penutup kepala agar tidak pusing karena alergi terhadap air hujan.

3.Konsumsi lemon tea di malam hari.

Selain membantu menurunkan berat badan (bagi yang diet), lemon tea ternyata sering dipakai sebagai daya tahan tubuh saat musim hujan. Cara paling mudah membuat lemon tea adalah dengan menambahkan perasan jeruk kedalam teh hangat. Dengan begitu akan membuat tubuh terasa hangat, khususnya setelah kehujanan.

4.Pakailah kaos kaki ketika tidur.

Jangan dianggap sepele, ternyata memakai kaos kaki saat tidur memiliki banyak manfaat, salah satunya memberikan kehangatan pada tubuh saat tidur. Agar lebih nyenyak,  bisa juga mengoleskan minyak kayu putih pada telapak kaki. Cara ini akan membuat tidur lebih terlelap, terlebih setelah kehujanan di jalan.

5.Mandi dengan air hangat di malam hari.

Ketika kehujanan sepanjang perjalanan, sebaiknya pakailah air hangat saat mandi di malam hari. Mandi dengan air hangat akan membuat tubuh terasa lebih relax dan membuat tidur lebih nyenyak. Memilih mandi menggunakan air hangat juga bisa menghilangkan pegal-pegal pada badan jika ditambahkan dengan sedikit garam.