Bagi orang sibuk yang hidup di kota besar tentu saja sudah sangat akrab dengan bermain game. Lihat saja ketika naik transportasi umum, kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu untuk bermain game. Apalagi suasana kota yang sering macet dan memakan waktu hingga berjam-jam di jalan, maka main game adalah bentuk pelarian. Meski seringkali menjadi pelarian, tapi main game sebenarnya memiliki sisi positif dalam menjalani kehidupan.

Di luar sana mungkin masih banyak orang yang beranggapan bahwa main game hanya buang-buang waktu saja dan tidak ada yang menarik dalam permainan tersebut. Anggapan itu salah besar karena main game justru memberikan pelajaran untuk kehidupan sehari-hari.

Pelajaran yang dapat diambil dari main game

1. Main game membuat kita lebih cekatan

Siapa sangka kalau salah satu permainan bisa membuat kita lebih cekatan dalam mengerjakan sesuatu. Cekatan dan terampil sangat dibutuhkan di mana saja, terutama di dunia kerja. Tidak ada salahnya main game saat waktu luang. Jika orang lain bilang hal itu hanya buang-buang waktu, yakinlah bahwa kita mendapatkan banyak pelajaran dari sebuah game.

2. Meningkatkan kesabaran seseorang

Tak semata-mata hanya permainan di kala senggang, game juga membuat seseorang lebih sabar. Mengapa demikian? Karena di salah satu game akan ada fase-fase sulit yang akan membuat kita lebih sabar dan semakin penasaran untuk naik ke level selanjutnya. Kesabaran ini nantinya akan terbawa ke dalam kehidupan pribadi. Percayalah, tingkat kesabaran seseorang juga akan diuji saat bermain game.

3. Melatih diri sendiri untuk menjadi pemimpin

Semua orang bisa menjadi pemimpin. Tapi tidak semuanya bisa memimpin dengan baik. Banyak game dengan jenis dan karakter yang berbeda-beda. Kita bisa memilih dan belajar menjadi pemimpin yang mampu mengendalikan permainan yang kita pilih. Dari situ nantinya bisa kita terapkan dalam kehidupan.

4. Memiliki jiwa yang tidak mudah menyerah

Pernah lihat nggak? Ekspresi marahnya seseorang ketika diganggu saat bermain game? Itulah asyiknya. Ada sebuah game yang membuat pemainnya terlalu antusias hingga terbawa ke dunia nyata. Hal itu  karena game tersebut mengharusnya pemainnya untuk tetap fokus pada tujuan dan tidak mudah menyerah dengan apa yang sudah ada di depan.

5. Diajarkan tentang pentingnya kerjasama

Setiap manusia bisa menjadi orang yang mandiri tetapi tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Begitu juga pada sebuah game. Akan ada salah satu permainan yang mengajarkan kerjasama demi sebuah misi. Tanpa kerjasama dan tim yang solid, kadang ada tujuan yang belum tercapai. Itulah pentingnya kerja tim.

6. Selalu ada kesempatan pada situasi apapun

Dalam game yang kita mainkan, kita seringkali dihadapkan dengan jalan buntu. Namun selalu saja jalan keluar dan kesempatan untuk bisa melewatinya. Begitu juga dengan hidup, akan ada kesempatan meski hanya sedikit. Pelajaran bisa didapat dari mana saja, termasuk dari main game.