Percaya tidak? Kalau zaman sekarang ini adalah zaman yang memudahkan orang-orang kreatif untuk mencari uang? Apa saja bisa dijadikan uang. Apa benar begitu? Lantas mengapa masih ada orang yang bilang kalau nyari kerja itu susah? Masalahnya ada di mana coba? Iya benar, tepat sekali jawabannya adalah peluang. Dan semua orang sebenarnya mempunyai peluang untuk mencari uang dengan cara kreatif, toh sekarang bisa mengandalkan smartphone.

Bagi orang yang sedang mencari penghasilan tambahan, kini semakin dimudahkan dengan hanya bermodalkan smartphone. Daripada scroll Instagram atau Twitter, kenapa tidak memanfaatkan smartphone buat nyari duit? Memangnya bisa? Bisa banget.

Berikut beberapa jenis kerja sampingan yang hanya mengandalkan smartphone.

1. Penulis

Kalau dulu menulis harus mengharuskan kita untuk berjam-jam di depan komputer atau laptop, kini bisa lewat handphone. Cara ini lebih efektif khususnya bagi orang yang memiliki jam terbang tinggi dan membuatnya tidak sempat membuka laptop.

Jika menggunakan ponsel pintar android, maka cukup instal microsoft word dan bisa menulisnya di situ. Aplikasi Ms.word ini juga cukup ringan sehingga tidak terlalu banyak “memakan” memori handphone. Selanjutnya bisa disimpan di Google Drive. Sangat efektif bukan?

2. Travel blogger

Profesi ini sangat beken di kalangan anak mudah yang suka jalan-jalan. Untuk memudahkan mereka dalam mendokumentasikan perjalanannya, kini bisa langsung upload dari Smartphone, tentu saja melalui aplikasi Blogspot yang bisa diunduh di Play Store.

Fitur pada aplikasi blogspot sangat memudahkan para pengguna untuk menulis cerita maupun posting gambar. Cocok untuk Travel Blogger yang tidak sempat membuka laptop. Dengan adanya aplikasi tersebut maka jalan-jalan akan semakin puas tanpa khawatir nggak ada waktu buat posting.

3. Sosial media manager

Sosial media manager merupakan profesi yang tidak mengharuskan memakai komputer atau laptop. Dalam hal mengerjakan pekerjaanya bisa memakai smartphone. Seorang sosial media manager bertugas mengelola akun media sosial dalam hal promosi dan strategi marketing sehingga bisa dilakukan lewat smartphone. Profesi ini juga bisa dilakukan di mana saja sehingga sangat menyenangkan, khususnya bagi “sosmed addict”.

4. Programmer

Kini pekerjaan seorang programmer semakin dimudahkan karena tidak harus di depan komputer. Dengan teknologi yang semakin canggih telah menyediakan aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone dan bisa dikerjakan di mana saja. Gimana? Tertarik mencoba posisi ini?

5. Drop shipper

Bagi orang yang punya prinsip Money Oriented, mereka akan melihat adanya peluang. Salah satunya adalah sebagai Drop shipper. Profesi ini merupakan pilihan yang mudah karena tidak perlu memiliki stock barang sehingga bisa berjalan bermodalkan smartphone.

6. Jasa pembuatan caption

Bagi selebgram, caption sangatlah penting. Maka dari itu pembuatan caption merupakan peluang yang tepat untuk mencari penghasilan tambahan. Dan ini bisa dilakukan hanya dengan ponsel pintar yang kita miliki. Jika kita merasa mampu merangkai kata yang bagus, tidak ada salahnya mencoba profesi ini.

Gimana? Jika smartphone bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan, mengapa tidak mengambil peluang ini? Memanfaatkan waktu untuk tetap produktif tidaklah sulit, apalagi hanya mengandalkan smartphone.