Dunia kerja yang menurut orang asyik ternyata ada nggak enaknya. Ya memang dengan bekerja kita akan mendapatkan banyak uang, tapi ketahuilah bahwa banyak hal berat yang kita lalui di dunia kerja,salah satunya saat bertemu dengan seorang penjilat. Biasanya penjilat ini muncul ketika sudah tidak mendapatkan apresiasi dari atasan.

Ketika kita dihargai lantaran sudah mengerjakan pekerjaan dengan baik, tentu hal itu menjadi kebanggaan bagi diri sendiri. Tapi jika seseorang ternyata belum mampu melakukan pekerjaan dengan baik, maka  cara yang dilakukan adalah menjadi seorang penjilat.

Mendapatkan apresiasi khususnya dari atasan sebenarnya tidak perlu menjadi penjilat. Lalu bagaimana cara yang lebih profesional? Berikut tipsnya;

Cara mendapatkan apresiasi tanpa jadi penjilat

1. Jangan terlalu banyak mengeluh

Untuk menarik perhatian tim atau atasan, maka yang paling mudah dilakukan adalah dengan tidak mudah mengeluh. Kebanyakan mengeluh meski hanya hal sepele hanya akan membuat orang lain ilfeel dan menganggap kita tidak kompeten.

Dengan tidak mengeluh sebenarnya susah membuat anda lebih berkualitas dibanding yang lain. Hal ini juga akan membuat seseorang lebih dihargai.

2. Selesaikan pekerjaan tepat waktu

Tidak semua karyawan mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu karna karakter orang sangatlah berbeda-beda dalam menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini sebenarnya bisa menjadi nilai lebih bagi orang yang biasa menyelesailan pekerjaan tepat waktu. Ini akan menjadi poin lebih di mata atasan lho.

3. Jangan mudah emosi

Hanya karena banyak kerjaan dan tim tidak mau membantu lantas kita gampang emosi. Jika masih seperti itu, sebaiknya buang jauh-jauh sifat tersebut. Biasakan mengatasi segala sesuatunya dengan sangat sabar. Dari situ orang akan menilai bagaimana karaktermu. Kalau terus-terusan mengedepankan emosi saat menyelesaikan pekerjaan, maka hal itu sudah menunjukkan bagaimana kualitas seseorang.

4. Terus tingkatkan kualitas diri

Belajar memang tidak ada habisnya. Jika kalian ingin menjadi pribadi yang semakin dihargai, sebaiknya terus tingkatkan kualitas diri. Jika kinerja semakin bagus maka akan memberikan poin lebih di mata atasan. Dan pada saat itulah seseorang penjilat akan merasa kalah karena tidak biaa berbuat apa-apa lagi.

5. Jangan menyerah dengan kesulitan

Dalam bekerja, tidak semua apa yang dikerjakan terasa mudah. Kesulitan akan juga akan menghantui. Meski begitu, jangan mudah menyerah dengan kesulitan. Karna apa yang menyulitkan kita seringkali akan mendewasakan kita. Dari sini juga bisa tau bagaimana sikap kita dalam menghadapi masalah. Jika terus Semakin kita melawan kesulitan, maka akan semakin maka atasan juga akan melihat seberapa besar mental kita hingga kamu lebih dihargai.

6.Memiliki komitmen dan pendirian yang tegas

Karakter orang yang kita temui saat di dunia kerja memang berbeda-beda. Tapi yang paling penting dimiliki adalah menjadi pribadi yang memiliki komitmen dan teguh pada pendirian. Dengan begitu kita akan lebih dihargai tanpa harus menjadi penjilat.