Zaman sekarang banyak anak muda yang memilih bekerja di Perusahaan startup karena lebih tertantang. Startup adalah perusahaan yang belum lama didirikan, dalam hal ini perusahaan tersebut masih dalam tahap pengembangan untuk mencari target pasar yang pas. Perkembangan startup kini juga semakin meningkat sehingga banyak generasi millennial yang merasa tertantang dengan skill yang harus dikuasai.

Ketika seseorang memilih bekerja di perusahaan startup, maka mereka harus memiliki beberapa skill yang akan dibutuhkan untuk pengembangan perusahaan tersebut. Bekerja di startup tidak hanya membuat seseorang tertantang tetapi bisa meningkatkan keahlian dalam bidang tersebut.

Beberapa skill yang dimiliki saat bekerja di start up antara lain;

1.Menguasai pengkodean dasar

Saat memutuskan terjun ke startup, maka salah satu skill yang harus dikuasai adalah pengkodean dasar yang mana ini nanti akan sangat berguna dalam pengembangan web perusahaan.

2.Bisa membuat konten berkualitas dan menjual

Beberapa lowongan pekerjaan tentu selalu mencantumkan seorang Content Writer maupun Copy Writer. Meski profesi keduanya sama-sama menulis, akan tetapi konten yang disajikan berbeda.

Seorang Content Writer harus mampu menulis artikel yang informatif dan menyajikan berita masa kini, sedangkan Copy Writer harus bisa menjual produk lewat tulisannnya. Keduanya juga harus paham tentang SEO agar artikel bisa berada dalam rangking utama di pencarian google.

3.Sosial media marketing

Posisi ini memang seringkali dicari oleh perusahaan startup. Mengapa demikian? Karena dalam pengembangan perusahaan dibutuhkan teknik pemasaran yang tetap sasaran. Maka dari itu dibutuhkan posisi ini untuk mengelolanya. Buat yang suka bermain sosial media, maka ini kesempatan untuk apply di perusahaan startup karena skillnya akan sangat dibutuhkan.

4.Data Analysis

Bagi perusahaan yang sedang berkembang, data sangatlah penting, maka dibutuhkan kandidat yang menguasai analisa data. Posisi tersebut nantinya akan mencari tau konten apa saja yang paling sesuai untuk perusahaan.

Salah satu cara untuk memudahkan dalam menganalisa data adalah menggunakan Google Analytic. Dari situ akan ketahuan siapa saja peminat, lokasi hingga usia calon pengguna produk yang nantinya akan dikembangkan.

5.Desain grafis

Konten saja tidak cukup untuk pusahaan yang sedang berkembang, maka dibutuhkan Desain grafis untuk menyempurnakannya. Dengan kemampuan tangan seorang desain grafis, maka promosi akan lebih menarik. Dan yang perlu diingat adalah, sebisa mungkin desain yang dibuat harus mewakili ciri khas perusahaan tersebut.

Setiap orang punya mimpi yang berbeda untuk urusan pekerjaan. Ada yang ingin tetap berada di zona nyaman dengan bekerja di BUMN atau Abdi negara, namun ada juga yang lebih suka bekerja di startup karena dinilai lebih menantang. Apapun itu, yang paling penting adalah memiliki skill yang berguna untuk diri sendiri dan perusahaan yang akan dilamar.