Bisnis kos-kosan saat ini sudah menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi yang tinggal di kota besar dan memiliki tanah yang cukup luas. Daripada dianggurkan saja, sebaiknya manfaatkan lahan tersebut untuk usaha kos-kosan. Ini akan sangat menarik jika berada di kawasan perkantoran maupun perguruan tinggi, tentu akan meningkatkan pemasukan tambahan untuk kebutuhan. Bukankah ini lumayan?

Meski nantinya akan mendapatkan hasil yang tidak sedikit, tapi mengelola kos-kosan juga tidak mudah. Kita harus punya beberapa trik agar sukses dalam menjalankannya. Memanfaatkan lahan untuk kos-kosan dapat dipakai untuk  jangka panjang sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian rumah tangga. Bagi yang tertarik dan ingin mengelola kos-kosan, sebaiknya perhatikan hal berikut.

Beberapa hal yang wajib diperhatikan  sebelum memulai bisnis kos-kosan

1.Modal

Memutuskan untuk mengelola kos-kosan tentu membutuhkan modal yang tidak kecil. Tapi akan lebih mudah jika sudah memiliki tanah. Kemudian langkah selanjutnya adalah memikirkan biaya bangunannnya. Agar lebih irit, sebaiknya buat beberapa kamar terlebih dahulu, misalnya 4 atau 6 kamar.  Jika sudah berjalan dengan baik, nanti bisa menambah jumlah kamar dan penghasilan pun semakin bertambah.

2.Menentukan Lokasi

Orang biasanya akan lebih tertarik memilih kos yang letaknya strategis. Dalam artian, mereka cenderung memilih kos yang dekat dengan kampus atau tempat kerja. Dengan begitu, mereka akan lebih hemat karena hanya jalan kaki untuk sampai di tempat yang dituju. Lokasi sangatlah penting agar kos yang  dikelola selalu menarik perhatian para calon penghuni.

3.Fasilitas

Dalam membuat kos-kosan, kita juga harus memperhatikan fasilitas apa yang akan didapatkan calon penghuni. Fasilitas kos nantinya akan membuat penghuni betah. Dengan begitum kita akan memiliki pemasukan rutin dari penghuni yang sudah nyaman. Agar lebih hemat pengeluaran, sebaiknya sediakan fasilitas yang sederhana dan membuat Anak kos merasa betah, misalnya kulkas, mesin cuci, AC, TV dan lain-lain.

4.Menentukan Harga

Membangun kos-kosan memang harus diperhitungkan secara detail. Hal ini untuk memudahkan kita tahu berapa banyak pengeluarannya. Termasuk dalam hal menentukan  harga. Sejak memutuskan membuat kos, sebaiknya sudah menentukan berapa harga perbulan yang cocok dan sesuai hitungan pembuatan kos dan fasilitas yang didapat.

5.Menjamin Keamanan dan Kenyaman Kos

Keamanan kos tentu menjadi faktor yang sangat penting dalam mengelola kos-kosan. Pasalnya, para penghuni kos akan merasa leluasa saat bepergian jika kosnya aman. Untuk meningkatkan kualitas kemananan, yang paling mudah dilakukan adalah memasang CCTV.  Ini akan membuat penghuni kos lebih nyaman dan meningkatkan pendapatan Anda dalam memulai bisnis kos-kosan.

Zaman sekarang semakin ramai dan semakin banyak orang yang merantau karena pekerjaan maupun melanjutkan kuliah. Hal itu seolah membuka rejeki orang-orang kota yang punya lahan luas untuk dibuat kos-kosan. Dengan begitu akan menambah penghasilan. Itulah yang namanya peluang. Setiap orang pasti menemukan peluangnya masing-masing.