Trik menyiasati rumah kecil agar tampak lebar akan sangat membantu seseorang yang tinggal di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan minimnya lahan untuk membuat rumah sehingga terpaksa harus menempati bangunan yang sempit. Tapi, bagi beberapa orang yang memiliki lahan luas justru lebih memilih desain rumah yang kecil karena lebih mudah dalam membersihkannya.

Memutuskan tinggal di rumah yang kecil bukan berarti terasa sempit. Ada beberapa cara untuk menyiasatinya agar terlihat tidak sumpek. Setiap orang tentunya punya keinginan tersendiri untuk menyiasati bagaimana cara agar rumah terlihat lebih besar meski hanya memiliki bangunan yang kecil. Penasaran bagaimana caranya? Mari kita simak trik berikut;

Cara mudah menyiasati rumah kecil agar terlihat lebih lebar

1.Perhatikan pemilihan warna cat.

Warna cat akan sangat mempengaruhi ukuran suatu ruangan. Bagi  yang memiliki rumah kecil dan ingin menyiasatinya agar lebih lebar, sebaiknya pilih warna cat yang terang seperti putih, pastel, dan warna terang lainnya. Pemilihan warna terang akan memberikan kesan yang bersih sehingga rumah akan tampak lebih lebar.

2.Memilih furniture yang serbaguna.

Rumah yang kecil akan terlihat lebar apabila kita pandai menyiasatinya. Salah satunya dengan memilih furniture yang serbaguna. Sebagai contoh, pilih kasur yang bisa dilipat saat tidak terpakai. Selain itu, pilihlah sofa dan meja yang sederhana dan mudah untuk dipindahkan. Meski terlihat sepele, nyatanya cara ini ampuh untuk membuat rumah kecil terlihat lebih lebar dan tetap rapi.

3.Memanfaatkan  area “nganggur”.

Setiap rumah pastinya punya area nganggur atau  yang tidak terpakai, tentu ini bisa dimanfaatkan. Misalnya di bawah tangga sebagai tempat untuk meletakkan sepatu. Area lainnya misalnya memanfaatkan ruang di kamar mandi seperti memasang papan di samping pintu yang bisa digunakan untuk meletakkan peralatan mandi. Pokoknya pandailah dalam memanfaatkan area kosong dalam rumah. Dengan begitu ruangan akan terasa lebar dan rumah tetap mudah dibersihkan.

4.Memanfaatkan ruangan luar rumah.

Agar rumah mungil Anda tidak terasa sesak, sebaiknya manfaatkan ruangan luar. Kita bisa meletakkan kursi santai di luar rumah supaya tidak terlalu penuh. Bagi yang suka meletakkan tanaman hias dalam pot di rumah, sebaiknya letakkan dengan cara digantung supaya tidak makan tempat. Tanaman dalam pot yang digantung juga berfungsi sebagai hiasan rumah yang menyegarkan.

5.Memanfaatkan pantulan cermin.

Trik ini sangat ampuh untuk membuat ruangan lebih lebih lebar. Kita hanya perlu meletakkan cermin di beberapa lokasi seperti depan kamar tidur, ruangan untuk menonton televisi  ataupun area luar kamar mandi. Pantulan cermin akan membuat ruang lebih lebar dan merupakan salah satu trik cerdas menyiasati rumah kecil agar tampak lebar.