5 Cara Cerdas Melatih Mental Anak Agar Berani | Memiliki anak yang berani memang dambaan setiap orang tua. Berani yang dimaksud di sini adalah berani yang tidak minder di depan umum, bukan berani  terhadap orang lain. Dalam masa tumbuh kembang anak, peran orangtua sangatlah penting, untuk itu jangan sampai melewatkan masa emas ini. Anak yang dididik dengan baik akan berpengaruh dengan pertumbuhannya saat dewasa nanti.

Saat berada di tempat umum, kita tentu pernah melihat anak-anak yang tidak percaya diri dengan orang sekitar. Hal ini tentunya bukan salah anak-anak melainkan kesalahan orangtua yang sejak kecil tidak mengajarinya. Tentu hal itu tidak ingin terjadi pada anak kita nantinya kan? Untuk mengantisipasi hal itu, ada beberapa cara mudah melatih mental anak agar  lebih berani dan tidak minder saat berada di depan umum.

Cara mudah melatih mental anak agar menjadi pribadi yang lebih berani

1. Ajarkan anak belajar hal baru

Sebagai orangtua tentu memiliki sikap over protective. Meski hal tersebut sangat wajar, tapi tidak seharusnya begitu. Sesekali ajarkan anak dengan hal baru karena tidak selamanya hal baru mengajarkan dampak buruk. Belajar hal baru akan membuat sudut pandang anak lebih terbuka dan membuatnya menjadi pribadi yang lebih berani karena anak akan meniru apa yang dilihatnya di luar, nah tugas kita sebagai orangtua adalah memastikan agar anak belajar hal baru yang lebih positive.

2. Kenalkan anak dengan dunia luar

Memperkenalkan anak dengan dunia luar tentunya bukan hal yang buruk. Sesekali biarkan anak mengenal dunia luar, dalam artian bermain di luar dan mengenal banyak orang sekitar. Jika masih khawatir, sebaiknya jangan biarkan anak main sendirian di luar. Tetap awasi namun jangan terlalu dilarang, dengan begitu nantinya akan membuat anak berani menghadapi situasi yang ada di luar.

3. Hindari berkata “kamu tidak bisa” pada anak

Salah satu cara mudah dalam melatih mental anak adalah membuatnya lebih percaya diri. Sebagai orangtua sebaiknya hindari mengatakan “Jangan…..kamu tidak bisa” pada anak karena itu akan mengurasi rasa percaya diri pada anak. Agar pertumbuhan anak lebih sempurna dan berani, maka tanamkan rasa percaya diri pada anak dengan menghindari mengatakan kalau mereka tidak bisa. Orangtua sudah seharusnya memberikan dukungan pada anak.

4. Berikan pujian pada anak

Setiap anak pasti akan senang mendapatkan pujian dari orang tuanya, terlebih di masa tumbuh kembangnya. Ketika anak melakukan sesuatu meski hal kecil, sesekali berikan pujian supaya mereka lebih percaya diri. Pujian dari orang tua juga akan membuat anak nantinya lebih berani dalam melakukan sesuatu.

5.Jangan menakut-nakuti Anak

Saat anak-anak sedang bermain terlalu lama di luar, terkadang orang tua sering menakut-nakuti dan berkata “Jangan main jauh-jauh nanti diculik”. Tentu sebagai anak kecil akan merasa takut dan enggan bermain di luar. Kalau cara orang tua seperti itu, bagaimana anak akan menjadi pribadi yang berani? Yang ada malah jadi penakut. Cara seperti itu sebaiknya dihilangkan agar anak bisa leluasa bermain di luar dan tumbuh menjadi anak yang lebih berani.