Bahasa inggris sekarang ini sudah menjadi pejaran yang wajib untuk anak-anak. Sebagai orang tua tentu kita harus membiasakan sejak dini agar nantinya anak tidak terlalu kesulitan belajar bahasa inggris di sekolah. Jika ditemui dalam kehidupan sehari-hari, banyak anak-anak usia di bawah 5 tahun yang sudah pandai berbahasa inggris. Hal itu seringkali membuat para orang tua juga ingin mengajarkan pada anak-anaknya, khususnya saat masih berusia di bawah 5 tahun.

Awalnya memang terlihat sangat sulit untuk mengajarkan bahasa inggris pada anak, tapi sebenarnya ada cara paling ampuh agar anak lebih enjoy dalam belajar bahasa inggris. Orang tua mana yang tidak ingin melihat tumbuh kembang anaknya di usia yang masih sangat dini. Agar lebih asyik mengajarkan bahasa ingrris pada anak, sebaiknya para orang tua memakai cara di bawah ini.

Cara asyik mengajarkan bahasa inggris pada anak usia di bawah 5 tahun

1.Pahami mood anak terlebih dahulu

Yang namanya anak-anak tentu saja tidak langsung “on” saat akan diajak belajar. Terlebih bahasa inggis merupakan bahasa yang cukup asing bagi anak di bawah 5 tahun. Sebagai orang tua tentu kita harus bisa memahami mood anak terlebih dahulu. Ajak dia berbicara dan pahami apa maunya. Jika anak sudah merasa sangat nyaman, kemudian langsung ajak belajar bahasa inggris.

2.Belajar bahasa inggris lewat lagu

Agar lebih asyik, cobalah cara ini. Usia dini merupakan usia keemasan anak yang sedang belajar banyak hal  seperti mendengarkan lagu-lagu. Mendengarkan lagu juga sangat penting untuk kecerdasan anak, supaya lebih asyik, sebaiknya pilih lagu berbahasa inggris. Dengan begitu anak akan lebih bersemangat serta orang tua lebih mudah mengajarkan kosa kata bahasa inggris pada anak.

3.Membacakan dongeng berbahasa inggiris

Membacakan dongeng pada anak sampai sekarang masih dilakukan karena efektif untuk menidurkan anak. Selain itu juga akan menstimulasi pertumbuhan otak lebih cerdas. Agar sekaligus memudahkan anak belajar bahasa inggris, sebaiknya pilih dongeng yang berbahasa inggris. Hal ini juga akan melatih anak dalam menyerap kosa kata. Apalagi pada malam hari, tentu dayan tangkap ke otak akan lebih bagus.

4.Memanfaatkan situasi sekitar

Ibu-ibu modern tentunya pandai memanfaatkan situasi sekitar untuk mengajarkan bahasa inggris pada anak. Salah satunya dengan mempelajari kosa kata sekitar, misalnya saja sekitar rumah. Toh, banyak benda yang bisa diajarkan kepada anak supaya bisa belajar perlahan. Meski tidak mudah, akan tetapi lama-kelamaan anaka akan mengerti dan menambah kosa kata baru setiap  harinya.

5.Ajak komunikasi secara langsung

Jika semuanya sudah diajarkan, maka jangan lupa untuk mempraktekkanya. Ajaklah anak bicara secara langsung. Semuanya dimulai secara perlahan agar anak mudah memahami apa yang orang tua ucapkan.

Mengajarkan bahasa inggris pada anak tidaklah sulit. Semua tergantung pada orang tua, bisa lebih sabar atau tidak. Selain 5 poin di atas tentu masih banyak cara, mengingat zaman sudah semakin berkembang pastinya ada banyak alat yang akan memudahkan anak belajar bahasa inggris di usia kurang dari 5 tahun.