Jika kita bicara tentang perpustakaan, yang ada di pikiran kita kalau tidak sekolah, siswa atau pelajar, dan tentunya tempat koleksi buku. Kita jarang memikirkan hal besar yang bisa didapatkan dari sebuah perpustakaan. Atau mungkin ini karena kita sangat jarang datang ke perpustakaan.

Faktanya memang perpustakaan di Indonesia ini masih tergolong belum dimaksimalkan. Jangan menyinggung masalah fasilitas yang ada, koleksi buku-bukunya pun masih sangat jarang yang up to date.

Dan di negara kita ini perpustakaan daerah yang notabene bisa diakses oleh masyarakat umum juga tidak dimaksimalkan keberadaannya. Bahkan di beberapa daerah sampai tidak terurus. Dan kita bisa menemukan perpustakaan yang setidaknya terawat, paling di sekolah atau universitas.

Padahal keberadaan perpustakaan di sebuah negara itu sangatlah bermanfaat dan bisa digunakan sebagai media untuk membangun dan melahirkan karakter berbangsa yang cerdas dan lebih terbuka.

Perpustakaan adalah tempat untuk memperkaya pikiran kita dan membela hak kita untuk mengetahui segala hal.

Selain itu ada 10 manfaat lain yang bisa didapatkan dari perpustakaan untuk sebuah negara.

1. Perpustakaan sebagai media informasi warga

Anda bisa mengatakan kalau sekarang ini eranya internet, apa-apa bisa didapatkan melalui internet. Ya itu benar. Akan tetapi ada hal-hal lain yang hanya bisa kita dapatkan melalui perpustakaan. Perpustakaan menyediakan buku-buku yang didalamnya tidak mungkin bisa didapatkan di internet.

Dan tentunya dengan ke perpustakaan kita akan mendapatkan sumber informasi yang jelas. Kita tahu bahwa saat ini banyak informasi yang bisa dengan mudah kita dapatkan, akan tetapi sumbernya tidak valid bahkan banyak yang bohong.

Perpustakaan juga membuat kerja demokrasi di dalam masyarakat bisa lebih terbuka lagi.

2. Perpustakaan adalah Pemecah Keterbatasan

Di perpustakaan tidak ada pembeda, entah yang dari #GolonganKami atau yang #BukanGolonganKami, semua bebas ke perpustakaan. Semua orang dari latar belakang berbeda dan kondisi individu yang berbeda atau memiliki keterbatasan pun bisa bebas berada di dalam satu perpustakaan.

Perpustakaan tidak mengenal siapa kamu, dari mana kamu. Perpustakaan justru merangkul yang berbeda menjadi satu tujuan yakni membaca. Tentu jika Indonesia mampu mengelola perpustakaan secara optimal, ini akan sangat bagus sekali untuk merawat kebanggasaan masyarakat Indonesia yang notabene berbeda-beda.

3. Perpustakaan adalah tempat bermain

Kalau saja perpustakaan dikelola secara maksimal, tidak hanya koleksi buku yang lengkap dan tetapi juga fasilitas yang menunjang, maka perpustakaan adalah tempat bermain yang paling asyik.

Nantinya di perpustakaan seseorang tidak hanya bisa membaca saja, tetapi juga bisa melakukan banyak kegiatan lain. Misalnya saja perpustakaan yang dilengkapi co-working space, artinya orang-orang juga bisa mendapatkan peluang pekerjaan dan bisnis di dalam perpustakaan.

4. Perpustakaan adalah tempat untuk menghargai individu

Di dalam perpustakaan akan banyak individu yang memiliki pemikiran independen tanpa prasangka dan di perpustakaan lah pemikiran itu dihargai. Dan bukan tidak mungkin ini akan bisa berkembang di kehidupan sosial masyarakat pada umumnya.

5. Perpustakaan menumbuhkan kreativitas

Ketika perpustakaan dirancang sedemikian rupa dengan fitur, fasilitas dan koleksi bukunya yang lengkap, maka akan banyak orang datang untuk merangsang rasa keingintahuannya. Sehingga akan semakin banyak orang-orang yang awalnya hanya menyimpan idenya sendiri, bisa dituangkan melalui perpustakaan dengan referensi yang didapatkan.

6. Perpustakaan membuka pikiran anak-anak

Bayangkan jika perpustakaan ada ruang diskusi publik dan semua orang saling menghargai perbedaan pemikiran masing-masing, maka ini akan membuat anak-anak bisa lebih terbuka pemikirannya. Apalagi di dukung dengan sumber referensi yang memang bisa didapatkan dengan mudah.

7. Perpustakaan dapat membangun komunitas

Mungkin awalnya hanya ingin membaca, tetapi akhirnya ketemu pembaca lain yang punya minat sama. Akhirnya ketemu banyak pembaca yang serupa, dan terbangunlah komunitas baru yang lahir dari perpustakaan.

Membangun komunitas berarti perpustakaan menghubungkan orang dengan informasi.

8. Perpustakaan sebagai sumber bisnis

Jika perpustakaan dikelola dengan baik dan benar di setiap daerah, maka ini akan menumbuhkan bisnis yang sehat di dunia literasi kita. Tentunya akan lebih banyak penulis yang dihargai, buku-buku yang berkualitas juga akan meningkat, dan tentu banyak pelaku bisnis yang sangat diuntungkan di sisi ini.

Untuk negara pun bisa mendapatkan pajak dari bisnis ini.

9. Perpustakaan membuat keluarga lebih ramah

Kalau perpustakaan sudah dikelola dengan baik, maka perpustakaan bisa jadi tempat terbaik untuk keluarga menghabiskan waktunya. Orang tua bisa mengasuh anaknya dengan edukasi literasi, orang tua bisa mengajak anaknya ke perpustakaan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah anak, dan lain-lain.

10. Perpustakaan melestarikan masa lalu

“Jas Merah, Jangan sekali-kali melupakan sejarah”. Masa lalu di sebuah negeri pasti ada dan itu tidak boleh dilupakan begitu saja. Perpustakaan bisa menjadi salah satu tempat untuk melestarikan masa lalu sebuah negeri. Melalui perpustakaan orang bisa belajar tentang masa lalu negeri, sehingga dengan seperti ini banyak orang akan menghargai perjuangan masa lalu. Dan itu akan masyarakat menjadi lebih aware tentang hari ini dan masa depan negeri.

Sayangnya, perpustakaan belum menjadi hal menarik di negeri ini. Masih banyak perpustakaan yang tidak dikelola dengan baik bahkan dibiarkan begitu saja. Seandainya perpustakaan dapat dikelola dengan optimal, buku diperkaya, fasilitas dilengkapi, maka perpustakaan bisa menjadi tempat terbaik untuk memulai membangun negeri.

Dan tentunya akan memunculkan generasi-generasi yang tidak gagal literasi di era yang serba digital ini. Bagikan artikel ini agar perpustakaan di negeri ini bisa menjadi tempat terbaik untuk membangun negeri.